Gua Kristal (Instagram)

Semua orang pasti ingin refreshing setelah selama beberapa hari melakukan aktivitas rutinnya, seperti kuliah atau bekerja. Namun, kadang hasrat ingin refreshing langsung hilang ketika tempat wisata yang dituju ternyata dibanjiri pengunjung. Bukannya santai, yang ada malah tambah stres karena banyaknya orang yang datang. Karena itu, orang-orang akhirnya mencari lokasi wisata yang masih ‘perawan’ alias belum banyak dikunjungi wisatawan. Jika kamu mencari lokasi wisata yang tenang, maka kamu bisa kunjungi Gua Kristal yang ada di Kupang.

Gua Kristal (Instagram)

Gua Kristal terletak di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, 3 km dari pusat Kota Kupang. Gua Kristal ini memang masih belum banyak dikunjungi wisatawan, sehingga cocok buat kamu yang ingin bersantai dan melepas stres. Hal ini terlihat dari pintu masuknya, yang juga tersembunyi, sehingga nggak banyak orang yang tahu.

Pintu masuk Gua Kristal (Instagram)

Mungkin yang terbayang, tempat ini sangat menyeramkan, apalagi dengan kondisi yang gelap gulita. Karena masih alami, jangan harap ada penerangan di dalamnya. Namun, hanya butuh beberapa langkah, kamu akan dibuat takjub dengan kolam berisi air jernih di dalamnya. Warnanya akan berkilau biru jika terkena pancaran sinar matahari dari sela-sela batu yang menjadi atapnya. Waktu paling tepat datang ke sini adalah pagi hingga siang hari.

Airnya yang jernih dan biru sangat mengundang siapa pun untuk terjun. Rugi rasanya jika sudah sampai di Gua Kristal tapi nggak berenang. Karena itu, kamu harus siapkan baju ganti dari rumah karena di lokasi ini belum ada fasilitas untuk pengunjung sama sekali. Kamu juga harus waspada akan kondisi di gua tersebut yang masih alami, bisa jadi masih ada binatang yang membahayakan kamu.

Gua Kristal (Instagram)

Nggak seperti air-air di dalam gua yang biasanya memiliki air dingin, danau di gua ini memiliki air yang sejuk. Selain itu, airnya juga sedikit asin karena nggak jauh dari sini terdapat pantai. Inilah pertemuan dua mata air yang menyembul di dalam gua. Air di dalam gua ini sangat dalam dan seperti tak memiliki dasar.

Gua Kristal (Instagram)

Karena masih minim fasilitas, sebaiknya kamu membawa makanan dan minuman dari rumah. Jangan lupa juga untuk membawa kembali sampah yang kamu bawa, dan membuangnya di tempat sampah, agar nuansa alami gua ini tetap terjaga.

Jadi, jika kamu ingin refreshing melepas stres, bisa mengunjungi Gua Kristal ini. Dijamin pikiran kamu akan fresh lagi. (tom)