Bukit Padang Kasna (Instagram)

Nggak cuma pantai dan desa adatnya, Bali juga kaya akan bukit-bukit indah yang dapat membawa kamu ke suasana tenang jauh dari hiruk-pikuk bisingnya perkotaan. Selain tempat untuk bersantai, kamu juga bisa eksis di Instagram karena pemandangan bukti ini cocok dijadikan latar foto selfie kamu. Berikut adalah 5 wisata bukit di Bali dengan pemandangan Instagrammable.

1. Bukit Padang Kasna

Bukit Padang Kasna (Instagram)

Bukit ini terletak di Temukus, Junggul Hamlet, desa Besakih, sekitar 15 menit dari Pura Agung Besakih. Perjalanan singkat dibutuhkan untuk dapat mencapai taman tersebut, yang terletak di kaki gunung Agung. Bunga Kasna memenuhi area tersebut dan menyambut pengunjung dengan keindahannya. Bunga Kasna dipercaya sebagai pemberian Dewa kepada penduduk Temukus, sebagaimana bunga tersebut hanya dapat tumbuh di area tersebut dan dikenal juga sebagai Edelweiss-nya Bali. Biasanya bunga Kasna dipetik mendekati upacara Galungan dan Kuningan.

2. Bukit Putung

Bukit Putung (Instagram)

Bukit Putung ini berlokasi sejauh 1,5 jam dari Denpasar. Dibuka pertama kali pada tahun 1980 namun jadi terkenal baru-baru ini. Dari puncak Bukit Putung, pengunjung dapat menikmati keindahan Bali Timur yang hijau hingga pantai yang indah. Banyak orang membandingkan Bukit Putung dengan tebing Pura Uluwatu di Kuta Selatan. Daya tarik populer lainnya dari Bukit Putung adalah monyet yang bergantungan di pepohonan, serta pemandangan dari pulau Nusa Penida di seberang laut yang terlihat jelas saat nggak tertutup kabut.

3. Bukit Asah

Bukit Asah (Instagram)

Bukit Asah merupakan destinasi paling ideal untuk menikmati pemandangan luar biasa dari laut, garis pantai Bali, dan bukit hijau. Suasana tenang yang dimiliki oleh area ini tercipta oleh sedikitnya pengunjung, sehingga bukit ini populer dengan nama¬†‘Silent Hill’ ¬†atau bukit yang tenang. ‘Silent Hill’ sendiri aslinya adalah judul dari game dan film horor. Namun tenang saja, karena bukit ini nggak ada horor-horornya. Bukit ini terletak di desa Bugbug, Karangasem, Bukit Asah, dan berada di balik pantai Prasi, 1,5 jam perjalanan dari Denpasar.

4. Bukit Guungan

Bukit Guungan (Instagram)

Bukit lainnya yang terkenal di Bali, tepatnya di Karangasem, adalah Bukit Guungan, yang juga terkenal dengan sebutan Bukit Candidasa. Bukit ini terletak di jalan Candidasa, Manggis, nggak jauh dari pantai Candidasa, 1,5 jam perjalanan dari Denpasar. Bukit Guungan menampilkan pemandangan indahnya bukit-bukit hijau di Nusa Tenggara Timur. Meskipun sedikit curam, namun tersedia jalan kecil dengan tangga untuk mempermudah akses menuju ke puncak bukit. Pengunjung juga diperbolehkan untuk berkemah disini dengan izin dari pengelola.

5. Bukit Campuhan

Bukit Campuhan (Instagram)

Terletak di Jalan Bangkiang Sidem, Ubud, Gianyar, bukit ini juga dikenal dengan nama Bukit Cinta. Terdapat pula trek jogging dengan rumput ilalang di kanan dan kiri trek ini. Pemandangan alamnya yang asri dan terjaga kebersihannya membuat tempat ini menjadi incaran para traveler. Bahkan tempat wisata ini sedang populer di media sosial.

Itulah 5 wisata bukit di Bali dengan pemandangan Instagrammable. Mana yang paling menarik minat kamu? (tom)