Ilustrasi CV (Flickr)

Menulis CV menurut sebagian orang adalah hal yang merepotkan. Alasannya antara lain adalah kita bingung dari mana harus memulainya, sampai nggak tahu apa yang harus ditulis atau isi di dalam CV tersebut. Alhasil, saat diperlukan untuk melamar magang demi memenuhi kebutuhan nilai dari kampus, banyak teman-teman kita yang mengirimkan CV seadanya. Akibatnya, CV ditolak dan mereka kesulitan untuk mendapatkan tempat magang. Nah, supaya kamu nggak ditolak CV-nya, ketahui dulu 5 tips dalam membuat CV yang baik ini.

1. Mulai dengan informasi kuat

Ilustrasi menulis informasi (Pixabay)

Pastikan kamu menyertakan semua informasi pribadi pada CV yang akan kamu berikan. Usahakan untuk membuat beberapa informasi penting seperti nama dengan huruf yang lebih besar dan sedikit menonjol. Hal ini dilakukan agar saat HRD menerima dan membaca CV kamu, mereka bisa langsung memperhatikannya.

2. Fokus

Fokus (Pexels)

CV yang punya tujuan jelas dan fokus pada posisi magang akan jauh lebih dipertimbangkan dibanding resume yang dibuat secara umum. Membuat CV yang fokus berarti kamu harus memasukkan informasi tentang pengalaman dan prestasi yang relevan dengan kegiatan magang yang akan kamu lamar.

3. Bahasa yang ringkas

Contoh CV (Sarungpreneur)

Dalam CV, kamu enggak perlu menggunakan kata-kata klise seperti ’tanggung jawab atau tugas yang termasuk’ dalam menulis resume. Usahakan untuk menggunakan bahasa yang ringkas dan singkat, serta langsung pada intinya. Kamu juga harus menghindari penggunaan kata ganti pribadi seperti saya atau mereka.

4. Jujur

Ilustrasi tukang bohong (Pixabay)

Memulai sebuah karier lewat magang juga harus mengutamakan kejujuran dan integritas. Dua hal ini juga tercermin dalam CV yang kamu buat. Upayakan untuk mencantumkan informasi relevan mengenai pengalaman kamu di masa lalu secara jujur. Jangan dibuat-buat, karena cepat atau lambat, hal yang nggak sesuai kebenaran akan terkuak dengan sendirinya, dan kamu akan menyesal.

5. Membuat rencana jangka panjang

Ilustrasi rencana (Pxhere)

Para pemimpin perusahaan sangat menyukai orang yang memiliki motivasi dan tujuan yang jelas. Hal ini bisa membuat kamu memiliki nilai lebih di mata perusahaan. Mereka akan menganggap kamu memiliki tujuan yang jelas dan bisa memberi dampak signifikan saat masuk ke dalam perusahaan mereka, meski hanya sebagai karyawan magang. Jadi, sertakan apa tujuan dan rencana jangka panjang kamu juga.

Itu 5 tips dalam membuat CV untuk magang agar nggak ditolak. Semoga sukses untuk JB’ers semuanya. (tom)