Pulau Sanrobengi (Instagram)

Gugusan spermonde di Selat Makassar memiliki pesona yang selalu menggoda untuk dijamah. Jumlahnya pun nggak main-main, kurang lebih 121 pulau dan tersebar dari Mamuju hingga Takalar. Nggak hanya keindahannya, beberapa daratan juga punya cerita tersendiri. Salah satunya adalah Pulau Sanrobengi.

Pulau Sanrobengi (Instagram)

Pulau ini merupakan salah satu objek wisata yang terletak di Desa Boddiya, Kecamatan Galesong Selatan, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan. Hanya sekitar 15 menit menggunakan perahu dari dermaga Galesong Selatan, kita sudah bisa menikmati keindahan pulau ini.

Pulau Sanrobengi (Instagram)

Pulau Sanrobengi memiliki potensi sebagai pusat kunjungan karena selain pantainya berpasir putih, kita juga dapat melakukan kegiatan-kegiatan outdoor di laut seperti berenang, menyelam, berjemur, memancing, membakar ikan dan berbagai kegiatan laut lainnya.

Hal lain yang menjadi pesona daya tarik pulau ini yakni kita bisa mandi cahaya saat pagi hari ketika mentari baru terbit dari ufuk timur. Kapan lagi kita bisa menikmati pemandangan indah sata pagi hari di pulau ini dan juga mendapat manfaat kesehatan dari cahaya matahari pagi?

Pulau Sanrobengi (Instagram)

Nggak cuma pemandangan sunrise, pemandangan sunset di sini pun nggak kalah indah. Sunset di pulau Sanrobengi ini mampu membuat pengunjung berdecak kagum. Bulatnya matahari terlihat hampir sempurna kala senja datang menyapa sore.

Nuansa alami pulau ini masih sangat terjaga, sebab hanya terdapat 5 rumah penduduk yang dibangun secara sederhana, yang nantinya turut andil dalam menjaga pulau dari ulah tangan-tangan jahil manusia yang suka buang sampah sembarangan. Alaminya pulau terlihat dari air laut yang ada di sekitar pantai yang sangat jernih, menampakkan bersihnya pasir putih dan juga terumbu karang di dasar laut, bahkan ikan-ikan yang berenang di sela-sela bebatuan karang dapat terlihat sangat jelas.

Pulau Sanrobengi (Instagram)

Lalu, dari mana asal nama Pulau Sanrobengi ini? Konon dulunya, objek wisata ini dihuni oleh penduduk dengan penyakit yang nggak bisa disembuhkan. Namun, datanglah seorang dukun obat bernama Mappaonri Daeng Passallang yang kemudian mengobati penduduk-penduduk pulau ini. Mereka kemudian sembuh berkat dukun itu. Julukan Sanrobengi, yang berarti ‘dukun pada malam hari’, pun disematkan dan menjadi inspirasi nama pulau ini.

Memiliki keindahan yang sudah disebutkan di atas, Pulau Sanrobengi pantas masuk jadi salah satu destinasi wisata favorit kamu. (tom)