Black Panther (IGN)

Bulan Februari ini, penggemar film superhero bakal dimanjakan dengan kedatangan film “Black Panther”. Tokoh ini sudah diperkenalkan di Marvel Cinematic Universe (MCU) dalam film “Captain America: Civil War”. Namun sebelum menonton film solonya yang bakal diputar tanggal 14 Februari nanti, ada baiknya kamu mengetahui tentang 5 fakta Black Panther berikut ini supaya kamu bisa lebih memahami ceritanya.

1. Superhero Afrika-Amerika pertama

Black Panther (Mashable)

Anthony Mackie alias Falcon memang menjadi superhero Afrika-Amerika pertama yang muncul di MCU, namun sesungguhnya superhero Afrika-Amerika pertama adalah Black Panther, karena dia muncul di dalam komiknya, yang jauh lebih dulu rilis dibandingkan filmnya. Karakter tersebut muncul pada tahun 1966 dalam edisi Fantastic Four. Karakter tersebut telah ada sebelum partai politik militan dengan nama yang sama hadir dalam komik karya Stan Lee dan Jack Kirby tersebut. Agar nggak membingungkan, namanya pun diganti menjadi Black Leopard pada waktu itu.

2. Black Panther adalah pangeran

T’Challa (Theverge)

Black Panther adalah sosok seorang pangeran yang mendapat gelar secara turun-temurun dari kerajaannya di negara Afrika fiksi bernama Wakanda. Pada “Captain America: Civil War”, diketahui nama asli Black Panther adalah T’Challa, pangeran yang sedang memerintah Wakanda. Negara dari Afrika tersebut dikenal memiliki teknologi paling maju di sana, dengan pasokan sumber daya alam besar dari vibranium, jenis logam yang sulit dihancurkan seperti yang digunakan untuk membuat tameng Captain America. T’Challa nggak seperti pangeran-pangeran lain yang hanya memerintah di sebuah kerajaan. Ia sering kali turun tangan dalam menumpas kejahatan seperti yang dilakukannya kini.

3. Kemampuan asli Black Panther

Black Panther (Nerdist)

Dalam versi komik, kemampuan asli Black Panther adalah kecepatan, kekuatan, dan kelincahannya. Dengan pertimbangan beberapa faktor, Marvel menampilkan Black Panther dengan memiliki teknik bertarung yang ia pelajari dari latihannya di hutan. Terkadang, dia juga menggunakan teknik beladiri gaya ular atau gaya lainnya. Senjata andalannya terletak pada tangannya yang bisa memunculkan cakar tajam dari vibranium, yang sudah nggak diragukan lagi kekuatannya.

4. Banyak Ksatria wanita di Wakanda

Black Panther (Gamespot)

Film “Black Panther” akan memperlihatkan ketangguhan wanita dan akan menjadi salah satu film di MCU dengan karakter wanita terbanyak. “Black Panther” akan memperkenalkan adik perempuan T’Challa, Princess Shuri, juga Dora Milaje, seorang pasukan keamanan elit di Wakanda, yang seluruh anggotanya adalah perempuan. Pasukan tersebut dipimpin oleh Okoye. Serta terdapat Nakia, seorang mata-mata Wakanda dan nggak lupa ibu dari T’Challa, Ramonda.

5. Kostum secanggih Iron Man

Black Panther (Variety)

Selain Iron Man, yang dilengkapi dengan kostum berteknologi canggih, Black Panther juga memiliki kostum terbaik yang dilengkapi dengan teknologi paling maju dalam film tersebut. Seperti dikatakan sebelumnya, Wakanda memiliki sumber daya alam vibranium yang melimpah. Dalam dunia Marvel, vibranium merupakan logam terkuat yang sering digunakan oleh superhero. Hal itu dimanfaatkan dengan sempurna oleh Black Panther dalam membuat kostumnya. Ia membuat kostumnya nggak bisa dihancurkan dengan bermodalkan vibranium, karena kostum ini bersifat menyerap energi dari serangan musuh, dan membalas serangan tersebut.

Jadi, apakah kamu sudah nggak sabar untuk menonton film “Black Panther” ini? (tom)