Ilustrasi resepsi nikah (Foody)

Bagi pasangan yang mau menikah, biasanya memilih weekend atau akhir pekan untuk acara nikah dan resepsinya. Maksudnya agar memudahkan tamu undangan untuk bisa hadir di acara, mengingat akhir pekan adalah hari libur kerja. Padahal, mengadakan resepsi saat hari kerja juga sebenarnya nggak ada salahnya, malah kamu bakal mendapatkan 5 keuntungan ini.

1. Banyak pilihan hari

Ilustrasi tanggalan (Pixabay)

Mengadakan pernikahan di hari kerja akan memberikan lebih banyak pilihan hari yang bisa dipertimbangkan. Kamu dan pasangan nggak hanya akan terfokus pada pilihan hari Sabtu atau Minggu saja, di mana pada kedua hari tersebut akan sangat mungkin bertabrakan dengan acara kerabat atau teman lainnya.

2. Peluang dapat gedung pernikahan lebih besar

Balai Kartini (Seputarpernikahan)

Sudah menjadi hal lumrah jika banyak pasangan yang harus rela mengantri demi mendapatkan sewa gedung sesuai dengan waktu yang diinginkan. Apalagi jika gedung tersebut populer di kalangan masyarakat sekitar, maka antriannya nggak tanggung-tanggung, bisa sampai setahun sebelumnya. Nah, jika kamu merencanakan pernikahan di hari kerja, maka peluang mendapatkan sewa gedung akan lebih mudah, sekalipun gedung tersebut termasuk yang banyak diminati.

3. Pernikahan terasa intim

Pernikahan Andien (Thebridedept)

Buatmu yang mendambakan suasana intim dan hangat dalam pesta pernikahan, pemilihan waktu di hari kerja sangat direkomendasikan. Pasalnya, bisa dipastikan bahwa tamu undangan yang hadir adalah mereka yang benar-benar rela meluangkan waktunya untuk bisa hadir di momen bahagiamu. Pesta pernikahan seperti ini umumnya hanya dihadiri oleh keluarga, kerabat, sahabat dan teman dekat saja.

4. Mendapatkan layanan terbaik dari vendor

Ilustrasi catering resepsi (Halomoney)

Mayoritas vendor pernikahan biasanya sibuk di akhir pekan. Nggak jarang mereka menerima hingga 2-3 klien di hari yang sama setiap minggunya. Sehingga besar kemungkinan mereka nggak bisa fokus dan maksimal untuk menangani acaramu. Jika kamu merencanakan pernikahan di hari kerja, tentu para vendor akan memiliki jadwal yang lebih fleksibel karena nggak begitu sibuk seperti halnya di akhir pekan. Selain kamu akan mendapatkan pelayanan yang maksimal, kamu juga berpeluang mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan harga saat weekend.

5. Weekend bisa dimanfaatkan untuk bulan madu

Bulan madu Raisa dan Hamish (Instagram)

Jumat adalah salah satu hari yang tepat untuk melangsungkan pernikahan. Terutama jika kamu berencana melaksanakan pernikahan di luar kota. Dengan mengadakan pernikahan pada Jumat, kamu yang punya tanggungan langsung bekerja setelah menikah bisa merasakan bulan madu walau singkat.

Jika kamu berencana untuk mengadakan pesta pernikahan di hari kerja, tetap persiapkan segala sesuatunya dengan terencana agar momen pernikahan menjadi lebih istimewa. (tom)