Iron Man (Superheronews)

Salah satu film superhero yang cukup ditunggu oleh penggemar film di seluruh dunia adalah “Avengers: Infinity War”. Sebelumnya, sempat terungkap senjata baru yang bakal dipakai oleh Captain America dan Thor. Nggak mau kalah, baru-baru ini terungkap armor baru yang bakal dipakai oleh Iron Man.

Mulai dari Mark I yang kaku sampai Hulkbuster, kejeniusan Tony Stark dalam merancang armor selalu membuat kita terpukau. Begitu pun dengan salah satu armor yang ia gunakan dalam “Avengers: Infinity War”, yang akhirnya bisa kita lihat setelah beberapa waktu menunggu. Armor baru Iron Man ini terungkap dalam video spot yang dirilis Marvel di YouTube yang diunggah tanggal 4 Februari lalu.

Dalam video itu, meski hanya terlihat dalam beberapa detik saja, bisa terlihat bahwa armor baru Iron Man ini nggak seperti armor-armor sebelumnya yang sangat mekanik. Armor baru ini terbentuk dari semacam cairan yang akhirnya membentuk armor mengikuti bentuk tubuhnya. Hal ini mengindikasikan bahwa armor itu terbuat dari teknologi nanomachine yang diungkap dalam versi komiknya.

Iron Man dalam Avengers: Infinity War (YouTube)

Armor yang terbuat dari teknologi nanomachine ini pertama muncul dalam komik “Invincible Iron Man” yang rilis tahun 2010. Dalam komik, diceritakan bahwa armor ini berfungsi sebagai ‘otot lapis dua’, dan menariknya armor ini tersimpan di tulang tubuh Tony Stark saat nggak digunakan. Armor model ini dikenal dengan nama Model 37 atau Bleeding Edge.

Beberapa tahun kemudian, diperkenalkan lagi armor yang bernama Model 51, atau biasa disebut Prime Armor. Amor yang dibuat dari teknologi nanomachine ini memiliki fitur utama untuk menampilkan armor versi lainnya atau dengan kata lain, menggabungkan semua armor dalam satu model.

Kecanggihan dari nano teknologi ini juga sebenarnya bisa kita simak dalam trailer “Black Panther”, dimana amor yang T’Challa kenakan juga menggunakan bahan yang sama sehingga saat mulai digunakan, armor tersebut akan menyesuaikan dengan tubuh dan kulit dari pengguna. Yang lebih efisiennya, armor tersebut disimpan dalam kalung yang T’Challa gunakan.

Armor Iron Man dalam versi komik (Polygon)

Hanya saja, armor milik T’Challa bukanlah armor buatan Tony, namun buatan adik dari T’Challa, yaitu Shuri, gadis 16 tahun yang digadang-gadang merupakan orang terpintar di MCU sekaligus kepala bidang researh and developing Wakanda. Lalu apakah Prime Armor milik Tony mengadopsi teknologi yang Shuri buat? Pertanyaan itu baru bisa kita ketahui saat “Avengers: Infinity War” dirilis.

Jika T’Challa menyimpan kostum ini dalam kalungnya, maka berbeda dengan Tony, dalam komiknya ia menyimpan Prime Armor dalam sebuah jam tangan atau gelang, hampir sama seperti yang kita lihat di “Captain America: Civil War”, saat Tony mengeluarkan armor di pergelangannya melalui jam tangan. Bahkan bisa jadi, jika Prime Armor ini adalah bentuk pengembangan dari teknologi tersebut.

Bisa jadi, armor terbaru Iron Man ini adalah armor tercanggih yang pernah dibuat oleh Tony Stark. Apalagi jika armor ini terbuat dari Vibranium, yang merupakan logam terkuat di dunia, maka dipastikan Iron Man bakal jadi tokoh superhero yang sulit dihancurkan, sebagaimana perisai Captain America dan kostum Black Panther.

Siapa yang sudah nggak sabar melihat teknologi canggih dari armor Iron Man ini? (tom)