Ilustrasi pasangan (HAI)

Yang namanya pacaran, mungkin kegiatannya bakal banyak dihabiskan dengan makan-makan di tempat makan, atau cuma sekadar nongkrong saja. Kegiatan seperti itu nantinya bisa menghabiskan uang kamu. Daripada pacaran cuma untuk habiskan uang, lebih baik pacaran produktif, dengan melakukan 5 ide ini.

1. Berdua meniti karir musik

Endah dan Rhesa (Globalradio)

Kamu pasti tahu dengan duo Endah dan Rhesa. Mereka adalah musisi yang memang keduanya hobi musik. Jika kamu dan pasangan kamu memang memiliki hobi yang sama, yaitu musik, nggak ada salahnya untuk mulai serius menggarap karya sendiri. Siapa tahu kamu berdua nantinya bakal menjadi Endah dan Rhesa berikutnya.

2. Bikin film bareng

Wregas Bhanuteja dan Ersya Ruswandono (HAI)

Pernah dengar nama Wregas Bhanuteja? Dia adalah salah satu sutradara muda asal Indonesia yang tahun ini berhasil memenangkan penghargaan film pendek terbaik di Cannes, Prancis. Di sampingnya, berdiri sang pacar Ersya Ruswandono, yang kerap menjadi teman satu tim Wregas dalam memproduksi sebuah film. Ersya sendiri juga merupakan insan sinema. Nah, kalau kalian nggak punya passion di musik dan lebih suka ke ranah sinema, kamu bisa ikuti jejak Wregas dan Ersya.

3. Traveling bareng

Rayi dan Elvan (Kompas)

Marischka Prudence dan Ferry Rusli, adalah salah satu contoh pasangan yang suka traveling bareng. Meski kelihatannya cuma jalan-jalan saja, tapi kegiatan ini juga bisa kita maksimalkan. Misalnya, setelah jalan-jalan, kita bisa bikin tulisan di blog, atau posting foto-foto bagus di Instagram. Seenggaknya, kalau kita nggak bisa monetize kegiatan itu, kita bisa menyebarkan keindahan alam ke orang-orang lain yang melihat postingan kita.

4. Bikin usaha bareng

David dan Yola (HAI)

Kalau yang ini udah cukup banyak contohnya. Beberapa di antaranya adalah bisnis Hey Banana!, Gulaliku, Hand2Craft, atau Mukakayu Project yang semuanya ditangani oleh sepasang muda-mudi kreatif. Bahkan, Rayi dan Elvan yang ngaku doyan traveling tadi, juga punya bisnis sampingan dalam mengelola buku tahunan. David dan Yola, empunya Hand2Craft pun ngaku, dari hasil bisnis mereka, sekarang mereka udah berhasil cicil rumah. Kamu juga bisa seperti mereka.

5. Vlog bareng

Raditya Dika (YouTube)

Biasanya, vlog pasangan cuma untuk memamerkan kemesraan. Tapi kalau kita bisa membentuk konten yang menarik dan ada manfaatnya buat orang lain, kamu dan pacar kamu juga bisa menyalurkan kreativitas dan produktivitas lewat nge-vlogbareng. Siapa tahu, channel YouTube kamu berdua bisa menghasilkan uang hanya dengan membuat video, tentu saja dengan konten yang berkualitas.

Itulah 5 ide agar pacaran kamu jadi produktif. Mana nih yang bakala kamu pilih? (tom)