5 Destinasi Wisata Imlek di Tangerang untuk Mengisi Long Weekend Kamu

Imlek (Piah)

Dikarenakan hari Jumat ini bertepatan dengan Hari Raya Imlek, maka dari hari Jumat ini sampai Minggu nanti menjadi long weekend. Jika kamu bingung mau ke mana saat long weekeng ini, kamu bisa berwisata Imlek di Tangerang. Berikut ini 5 destinasi wisata Imlek di Tangerang yang bisa kamu kunjungi.

1. Wisata Kuliner di Encim Sukaria

Encim Sukaria (Instagram)

Daerah ini memang dikenal dengan kawasan Cina Benteng. Nggak heran jika di sekitar Tengerang terdapat beberapa kuliner khas peranakan Tionghoa yang sudah melintasi generasi ke generasi. Salah satunya adalah warung Nasi Uduk dan Ketupat Sayur Encim Sukaria yang beralamat di Jalan K.H. Soleh Ali, Kapling, Tangerang. Warung ini sudah eksis kurang lebih selama setengah abad. Pelanggan warung Encim Sukaria ini berasal dari luar daerah termasuk dari Jakarta. Beberapa hidangan kuliner yang bisa dinikmati seperti Nasi Ulam, Nasi Uduk, Ketupat Sayur dengan taburan ayam kampung. Harga panganan di warung Encim Sukaria cukup bersahabat, mulai dari Rp 12 ribu sampai dengan Rp25 ribu saja.

2. Mencicipi kopi di penggilingan kopi

Penggilingan kopi di Tangerang (Eviindrawanto)

Nggak jauh dari Warung Encim Sukaria, terdapat penggilingan kopi jadul. Penggilingan yang sangat kuno itu terbuat dari besi yang masih kokoh. Penjualnya, seorang lelaki berambut putih keturunan Tionghoa. Dia menjelaskan bahwa mesin tua itu sudah hampir belasan tahun digunakan. Kopi yang belum digiling sangat harum tercium. Tinggal pilih ingin kopi yang mana, Arabica atau Robusta. Kopi di sini nggak kalah dengan kopi kafe mana pun.

3. Menyusuri Kampung Pecinan di Pasar Lama

Pasar Lama Tangerang (Instagram)

Jika ingin mengenal perkampungan Cina Benteng di Tangerang, maka nggak ada salahnya langsung datang ke Pasar Lama Tangerang. Biasanya setiap Imlek tiba, sepanjang jalan Pasar Lama akan ditutup pada malam hari yang akan diisi dengan warung-warung yang menjajakan aneka kuliner nikmat khas Pasar Lama Tangerang. Selain itu juga kamu bisa masuk menyusuri kampung-kampung di sekitar Pasar Lama menyusuri gang-gang sempit yang akan mengingatkan kamu seperti sebuah perkampungan lama, persis dengan kawasan Kauman di sekitar Masjid Gedhe Yogyakarta.

4. Wisata Religi Klenteng Boen Tek Bio

Klenteng Boen Tek Bio (Instagram)

Kurang lengkap rasanya jika sudah berada di Pasar Lama tapi nggak mengunjungi salah satu tempat ibadah umat Konghucu, yaitu Klenteng Boen Tek Bio. Klenteng Boen Tek Bio termasuk salah satu Klenteng tertua di Tangerang. Pada puncaknya nanti, akan ada ratusan jemaat yang melakukan sembahyang agar diberikan keberuntungan di tahun baru Imlek memasuki tahun anjing tanah yang dipercaya akan mendatangkan keberuntungan bagi yang ingin memulai usaha.

5. Menikmati Aliran Sungai Cisadane

Kampung Bakelir (Instagram)

Kamu juga bisa menyusuri bantaran sungai Cisadane yang nggak jauh dari Pasar Lama Tangerang. Ada banyak tempat wisata menarik di sepanjang sungai Cisadane seperti Taman Gajah, Kampung Bakelir sampai dengan Flying Deck Cisadane. Sungai dengan panjang sekitar 126 km ini bermuara di Laut Jawa. Warna sungainya kecoklatan namun bersih dan tetap enak untuk dipandang.

Itulah 5 destinasi wisata Imlek yang bisa kamu kunjungi untuk mengisi long weekend kamu. Kamu bisa pergi ke tempat-tempat di atas bareng teman atau pacar kamu. Selamat berlibur! (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Pikirkan 5 hal Ini untuk Kuatkan Tekadmu Jadi Pengusaha Muda

5 Tokoh Superhero Cantik di Marvel Universe dengan Kekuatan Luar Biasa, Mana Favorit Kamu?