Menggunakan Uang Tunai vs Kart ATM saat Traveling (auspost.com.au)

Kamu termasuk orang yang sering melakukan traveling? Liburan menjadi sangat penting untuk menyegarkan pikiran dan menambah pengalaman baru. Kebanyakan orang yang akan melakukan traveling pasti akan disibukkan dengan kegiatan memesan tiket kendaraan, penginapan, hingga menentukan destinasi wisata. Padahal selain hal-hal tersebut, ada hal penting lainnya yang harus kamu perhatikan, yaitu uang yang akan kamu bawa selama perjalanan traveling berlangsung. Banyak yang tidak memperhatikan apakah sebaiknya kita membawa uang tunai atau kartu ATM ketika traveling. Untuk itu, JadiBerita akan memberikan perbedaannya kepada kamu. Di antara keduanya, mana yang lebih aman dibawa ketika traveling. Yuk, simak baik-baik JB’ers!

Sesuaikan dengan Destinasi Tujuan

Menentukan Destinasi Wisata (www.tournavationmke.com)

Destinasi tujuan ternyata sangat mempengaruhi keputusan kamu untuk membawa uang tunai atau kartu ATM. Jika kamu berwisata di dalam negeri, sebaiknya bawalah uang tunai karena bisa mempersingkat waktu dengan tidak perlu repot ke mesin ATM. Sedangkan jika wisata ke luar negeri, disarankan untuk menggunakan keduanya. Bawalah uang tunai secukupnya yang sudah ditukarkan dengan mata uang negara setempat seperti untuk kebutuhan transportasi dan makan. Sedangkan untuk keperluan lainnya, kamu bisa menggunakan kartu ATM.

Berapa Lama Kamu Bepergian

Waktu Perjalanan Traveling (www.rd.com)

Tak hanya destinasi tujuan, tapi jangka waktu bepergian juga sangat berpengaruh loh JB’ers. Meski traveling di dalam negeri, tapi jika kamu traveling dua hari dengan satu minggu, sudah pasti berbeda. Untuk jangka waktu traveling yang sedikit, lebih baik kamu membawa uang tunai saja, tapi jika kamu traveling dalam jangka waktu hingga satu minggu, sebaiknya kamu hanya membawa uang tunai secukupnya untuk satu hingga dua hari, sementara untuk sisa hari selanjutnya, kamu bisa mengambil uang di ATM.

Kelebihan vs Kekurangan Uang Tunai dan Kartu ATM

Membawa Uang Tunai Saat Traveling (fairfx.com)

Kelebihan saat kamu traveling dengan membawa uang tunai adalah kamu tak perlu repot-repot mencari ATM terdekat untuk mengambil uang. Tapi kekurangannya adalah uang tunai sangat rawan pencopetan. Untuk itu, simpanlah uang tunai dengan baik di beberapa tempat terpisah seperti di dalam sepatu, sabuk yang ada kantongnya, hingga di saku baju dan celana agar saat terjadi hal yang tidak diinginkan, kamu masih punya cadangan uang di tempat lainnya. Tipiskan juga dompet sebelum berangkat. Jangan bawa nota, kartu nama orang lain, struk pembelian atau kertas-kertas yang tidak penting lainnya dalam dompet. Sebaiknya kamu simpan dulu di rumah sebelum berangkat. Dompet yang terlihat tebal bisa mengundang mata orang-orang jahat di sekitarmu.

Menggunakan Kartu ATM Saat Traveling (www.tripsavvy.com)

Kebalikannya dengan uang tunai, membawa kartu ATM ketika traveling, baik itu kartu debit atau kredit, memang terdengar lebih simple dan tidak repot. Kamu tak perlu menukarkan uang rupiah dengan mata uang negara lain saat akan pergi ke luar negeri karena kamu bisa melakukan tarik tunai uang melalui mesin ATM. Ketika kartu ATM hilang, kamu tinggal menelpon call center bank untuk memblokir kartu milikmu. Tapi kekurangan dari kartu ATM ini adalah tak semua tempat tempat memiliki mesin ATM sehingga kamu mungkin akan merasa kesulitan dalam mencari mesin ATM. Selain itu, jangan lupa kalau ada juga biaya tarik tunai yang akan dikenakan ketika kamu mengambil uang di negara lain.

Membawa Uang Tunai Saat Traveling (www.rd.com)

Jadi, jika ditanya antara lebih aman mana antara uang tunai dan kartu ATM, keduanya sebenarnya aman dibawa. Hanya saja, kamu jangan membawa uang tunai yang berlebihan ketika traveling dan jika ingin membawa kartu ATM, usahakan juga untuk menyediakan uang tunai seperlunya agar ketika mesin ATM tidak ditemukan, kamu punya dana tunai cadangan.

Semoga dengan informasi di atas, liburan JB’ers jadi lebih aman dan menyenangkan ya! (jow)