Liburan di Pulau Lembata NTT, Pemandangannya Bikin Adem dan Dijamin Nggak Mau Pulang

Pulau Lembata (Instagram)

Saat long weekend seperti sekarang ini, nggak ada salahnya kamu jalan-jalan agak jauh ke Nusa Tenggara Timur. Di sana, kamu bisa berkunjung ke Pulau Lembata. Letaknya berada di timur Pulau Flores. Meskipun luas daratannya tak terlalu besar, sekitar 1.266 kilometer persegi, pulau ini memiliki beragam destinasi wisata alam yang mampu memikat para pelancong. Penasaran? Berikut tempat yang bisa kamu kunjungi di Pulau Lembata.

1. Bukit Cinta Waijarang

Bukit Cinta Waijarang (Instagram)

Nusa Tenggara Timur memiliki bentuk lansekap yang khas berupa perbukitan yang diselimuti hamparan savana dan laut lepas di sekitarnya. Hal serupa juga dapat ditemukan pada destinasi ini. Bukit-bukit hijau yang bertemu dengan birunya air laut membuat pemandangan begitu kontras dan indah. Bukit Cinta hanya berjarak 20 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor dari Kota Lewoleba, ibu kota Kabupaten Lembata.

2. Bukit Doa Watomiten

Bukit Doa Watomiten (Instagram)

Berbeda dengan Bukit Cinta wajiarang yang kawasan perbukitannya diselimuti savana, lokasi ini ‘dihuni’ 14 patung yang sangat erat kaitannya dengan umat Nasrani. Nggak heran jika destinasi wisata ini juga sering menjadi tempat memanjatkan doa. Pemandangan sunset di tempat ini juga nggak kalah memukau dari panoramanya.

3. Air Terjun Lodovavo

Air Terjun Lodovavo (Instagram)

Lodovavo adalah opsi paling tepat untuk menghilangkan cuaca gerah di Pulau Lembata. Panorama utama di sini adalah air terjun alami dengan ketinggian mencapai 30 meter. Jatuhannya terpecah menjadi dua bagian, sehingga menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan. Namun untuk mencapai air terjun kembar ini kamu harus melewati jalan yang sedikit terjal.

4. Pulau Siput

Pulau Siput (Instagram)

Pulau Siput disebut masyarakat lokal dengan nama lain Pulau Awelolong. Lokasinya berada di Teluk Lewoleba. Pulau yang tertutup oleh pasir putih ini memiliki luas sekitar 2000 meter persegi dan tempat wisata favorit masyarakat lokal. Untuk mencapai Pulau Siput atau Awelolong ini para wisatawan harus menggunakan transportasi laut dari Lewoleba atau sekitarnya, dengan rata-rata waktu tempuh sekitar 15 Menit.

5. Gunung Ile Api

Gunung Ile Api (Indonesiakaya)

Memiliki tinggi sekitar 1.450 meter di atas permukaan laut, Gunung Ile Api atau sering disebut juga Gunung Lewotolok sekilas tampak seperti Gunung Bromo yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Yang membuat serupa adalah hamparan pasir yang luas dengan gunung api aktif berdiri kokoh di tengah-tengah hamparan pasir tersebut. Tepat di gundukan gunung api itu, terdapat semburan asap dan beberapa titik kuning dari belerang sebagai tanda aktivitas vulkanik yang ada di dalamnya.

Bagaimana? Ingin menghabiskan waktu di Pulau Lembata di long weekend ini? (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

5 Tokoh Superhero Cantik di Marvel Universe dengan Kekuatan Luar Biasa, Mana Favorit Kamu?

Instagramable Banget! Berpose di Bawah Kubah Megah Bertumpuk Warna-warni Sticky Note