Hal yang Mmebuat Bahagia (hello-pet.com)

Harta yang melimpah selalu dikait-kaitkan dengan hidup yang bahagia sehingga banyak orang di dunia ini yang mengejar kekayaan dengan mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya untuk membeli rumah mewah, mobil bagus, gadget canggih, dan lain sebagainya. Sebenarnya hal tersebut tidak ada salahnya, karena untuk dapat bertahan hidup, kita pasti membutuhkan uang. Tapi bukan berarti jika kamu tidak memiliki harta yang melimpah, lantas kamu tidak akan bahagia. Jika kamu cermati lebih dalam lagi, ternyata makna kebahagiaan bisa kamu temukan dalam lima hal di bawah ini loh JB’ers!

1. Kebersamaan Keluarga

Keluarga yang Harmonis (flipstop.ph)

Memiliki keluarga yang harmonis bisa membuat hidupmu lebih bahagia karena keluarga adalah sumber kebahagiaan sejati yang tidak akan bisa kamu beli dengan uang. Apapun kondisimu saat ini, baik itu susah ataupun senang, keluarga pasti menjadi orang pertama yang berada di dekatmu. Meski di rumahmu hanya menyediakan makanan dengan lauk tahu dan tempe, tapi jika satu keluarga berkumpul untuk makan bersama, pastinya kamu bisa tersenyum bahagia karena kebersamaan kalian.

2. Sahabat yang Setia Kawan

Sahabat Setia (iyaa.com)

Selain keluarga, ada juga sahabat yang selalu menemani kamu dalam suka dan duka. Sahabat bisa diibaratkan menjadi keluarga kedua yang memberikan kehangatan serta kebahagiaan kepadamu. Ikatan persahabatan memang sangat kuat, jadi jangan sampai kamu menyia-nyiakan sahabat yang kamu miliki saat ini. Apalagi kalau sahabatmu selalu ada di saat kamu susah. Sahabat bisa membuat kamu menjadi dirimu sendiri tanpa harus berpura-pura menjadi orang lain saat bersama mereka. Inilah salah satu hal yang bisa membuatmu merasa bahagia saat memiliki sahabat yang setia kawan.

3. Pasangan yang Mencintai Kamu Apa Adanya

Pasangan yang Mencintai (www.quora.com)

Memiliki pasangan yang mencintaimu juga bisa membuat hidupmu bahagia. Ini karena perasaan cinta yang kamu miliki akan melepaskan dopamine dari saraf dan membuat kamu merasa bahagia meski hanya dengan memikirkan pasanganmu. Apalagi jika pasanganmu itu mencintai kamu apa adanya, bukan ada apanya. Sebanyak apapun harta yang kamu miliki, kamu tak akan bisa membeli kebahagiaan yang didapat dari perasaan cinta seseorang kepadamu.

4. Tubuh yang Selalu Sehat dan Bugar

Tubuh yang Sehat (www.freetechy.com)

JB’ers pasti tahu pepatah ‘sehat itu mahal harganya’. Pepatah tersebut memang benar, karena ketika kamu sakit, bukan hanya uang saja yang harus dikorbankan, tapi juga waktu dan  kebahagiaan. Coba saja bayangkan jika kamu sedang berbaring di ranjang rumah sakit dengan selang infus yang terpasang, sementara teman-temanmu sedang asik bertanding futsal, kamu pasti akan merasa sedih. Jadi berbahagialah ketika kamu diberikan tubuh yang sehat dan bugar karena kamu bisa melakukan banyak hal yang bisa membuat dirimu bahagia seperti traveling hingga nongkrong bersama teman-teman.

5. Cita-cita yang Telah Kamu Capai

Mimpi yang Harus Diraih (muriellemarie.com)

Perasaan bahagia juga bisa dirasakan ketika kamu memiliki sebuah impian atau cita-cita yang telah kamu capai. Rasa bahagia itu akan timbul karena kerja keras serta usaha yang telah kamu jalani saat ini telah memberikan hasil yang sangat berarti. Oleh karena itu, kalau JB’ers punya impian atau cita-cita, jangan mudah menyerah karena impianmu itu bisa membuat hidupmu jauh lebih bahagia. Selain rasa bahagia, memiliki cita-cita juga membuat kamu memiliki tujuan hidup yang sangat berarti.

Selain kelima hal di atas, menurut JB’ers masih ada lagi tidak hal-hal yang bisa membuat hidup bahagia selain harta yang melimpah?

(rei)