Sepatu yang Kebesaran (www.tampilcantik.com)

Sepatu menjadi salah satu item fashion yang bisa menambah tampilan kamu jadi lebih kece. Tak jarang ada orang yang rela berburu sepatu hingga ke luar daerah, bahkan ke luar negeri. Berhubung saat ini teknologi sudah canggih, kamu pun bisa memesan sepatu yang kamu inginkan secara online. Meski mudah, cepat, dan tak perlu repot, tapi pembelian sepatu secara online ini punya satu masalah yang kerap kali kamu alami, yakni ukuran sepatu yang tidak pas alias kebesaran. Ada beberapa online shop tidak menerima penukaran barang yang telah dibeli, tapi ada juga yang menerima penukaran barang jika sepatu yang kamu beli ukurannya tak sesuai. Meski bisa ditukar dengan ukuran lain, tentunya penukaran sepatu bisa membutuhkan proses yang cukup lama sehingga membuat kamu jadi malas menukarnya. Jika sudah seperti, lantas apa yang harus kamu lakukan agar sepatu yang kebesaran tersebut bisa tetap kamu gunakan? Tenang saja JB’ers karena JadiBerita akan memberikan trik cerdasnya untuk kamu di bawah ini!

1. Beri Sol Tambahan di Dalam Sepatu

Insole untuk Sepatu (stoked.ch)

Saat sepatu yang baru kamu beli kebesaran, kamu bisa memberikan sol dalam tambahan atau yang dikenal dengan nama insole di dalam sepasang sepatu milikmu. Insole memiliki bentuk yang menyerupai bagian dalam sepatu. Insole ini dijual dengan berbagai jenis ukuran ketebalan, mulai dari yang tebalnya setengah cm hingga lima cm. Selain bisa digunakan untuk mengatasi ukuran sepatu yang kebesaran, insole ini juga sering digunakan untuk menambah tinggi badan.

2. Pasang Gel Cushion Pad

Gel Cushion Pad (www.braceability.com)

Selain insole, kamu bisa memasang gel cushion pad sebagai solusi saat sepatumu kebesaran. Gel cushion pad ini sebenarnya merupakan gel khusus yang digunakan untuk menambah volume pada sepatu, tapi juga bisa kamu gunakan untuk mengakali sepatu yang kebesaran. Gel cushion pad ini terbagi menjadi beberapa bagian yang bisa kamu gunakan secara terpisah. Ada bagian telapak kaki depan, tengah, dan belakang. Gel cushion pad ini sangat nyaman digunakan karena bisa mengikuti bentuk telapak kaki.

3. Tambahkan Heels Grips Pada Sepatu

Heels Grip untuk Sepatu Kebesaran (www.aliexpress.com)

Bagi para cewek tentunya sudah familiar dengan heels grips yang biasa digunakan untuk pengguna high heels. Heels grips umumnya digunakan agar tumit kaki terhindar dari lecet karena teksturnya lembut dan empuk, tapi bisa kamu gunakan untuk menyiasati sepatu yang kebesaran. Tak hanya untuk high heels, tapi heels grips bisa kamu gunakan untuk jenis sepatu lainnya dengan model tumit yang tertutup, mulai dari flat shoes, boots, hingga sneakers.

4. Gunakan Kaos Kaki

Gunakan Kaos Kaki Tebal (www.bustle.com)

Jika tak sempat membeli insole, gel cushion pad, atau heels grips, kamu bisa menggunakan kaos kaki untuk mengisi ruang yang kosong pada sepatu kebesaranmu. Dengan menggunakan kaos kaki, apalagi kaos kaki yang tebal, ukuran kaki secara otomatis akan bertambah setengah hingga satu nomor di atas. Kamu bisa menggunakan kaos kaki ini pada segala macam jenis sepatu dan juga sendal sepatu karena menggunakan kaos kaki dengan warna yang berbeda saat ini sedang menjadi tren di kalangan fashionista.

5. Isi Rongga Sepatu dengan Sumpalan

Menyumpal Sepatu yang Kebesaran (ragamartikel.blogspot.com)

Cara lainnya untuk menyiasati sepatu yang kebesaran adalah dengan mengisi rongga sepatu dengan sumpalan. Kamu bisa menggunakan sumpalan dengan bahan yang lembut tapi padat seperti busa atau kertas koran yang mudah dibentuk. Usahakan untuk menyumpal sepatu di bagian depan, jangan di belakang karena takutnya sepatu bisa lepas. Tapi jangan mengisi sepatu terlalu penuh karena takutnya jari-jari kakimu bisa lecet karena kekecilan.

Semoga kelima cara di atas bisa berguna untukmu ya JB’ers. Selamat mencoba! (jow)