Alti Firmansyah (HAI)

Di balik kesuksesan Marvel, terutama dalam dunia komik, nggak lepas dari dari peran ilustratornya. Dari banyaknya ilustrator komik Marvel, salah satunya ada yang berasal dari Indonesia. Dia adalah Alti Firmansyah.

Alti Firmansyah sendiri adalah cewek lulusan Fakultas Seni Rupa dan Desain, ITB tahun 2001. Alti diajak untuk mengerjakan proyek “X-Men ’92” dari Marvel Comics.

Alti cerita, awalnya, dia diminta untuk bikin gambar empat halaman. “Aku diberi lima skrip berbeda dan diminta untuk mengerjakan empat halaman dari salah satu komik yang aku pilih dan aku rasa paling cocok dengan gayaku,” cerita Alti seperti dikutip dari Haigridid, Rabu (21/2/2018).

Alti Firmansyah (Instagram)

Ia lolos tahap tersebut dan dipilih untuk mengerjakan komik “Star Lord & Kitty Pryde” pada 2015 lalu dan proyek “X-Men ’92” pada  2016.

Tantangan yang ia hadapi saat menggambar adalah ketika bikin latar ruangan atau gedung-gedung. Jadi dia perlu ngulik lebih dalam. “Tantangan paling utama adalah dalam penggambaran background ruangan atau gedung-gedung,  karena aku enggak punya dasar arsitektur dan taste di seputar bidang mesin mekanik. Jadi enggak jarang aku harus menggambar sambil membuka referensi-referensi objek tersebut,” jelasnya.

Untungnya, pihak Marvel sangat membantu sehingga bisa mempermudah Alti dalam bekerja. Mereka membantu dalam menjelaskan jalan cerita secara keseluruhan dan menyediakan banyak referensi penting. “Mereka sangat komunikatif dan responsif dalam menjawab pertanyaan-pertanyaanku,” kata Alti.

Gambar Alti Firmansyah (Instagram)

Alti bisa jadi illustrator keren seperti sekarang tentu karena dukungan dari lingkungan sekitarnya. Keluarganya sudah menyadari bakat Alti sejak kecil. Guru-gurunya di sekolah pun sangat mengunggulkannya.

“Hingga sekarang, ilustrator cewek malah dianggap lebih hebat karena kebanyakan ilustrator-ilustrator ternama yang menjadi idolaku adalah cowok,” ungkap cewek yang juga bekerja sebagai Line artist di Stellar Labs/Glitch Network ini.

Alti diketahui sudah bikin komik sejak dia masih SD. Hobinya terus ia tekuni hingga selepas SMA di tahun 2001, Alti kuliah di jurusan yang mendukung minatnya, seni. Salah satu alasan ia menyukai seni adalah karena seni selalu ada di sekitar kita. “Hal-hal kecil di sekitar kita ternyata enggak luput dari sentuhan seni, itulah mengapa saya memutuskan untuk terjun secara profesional ke bidang seni,” kata cewek yang juga gemar berolahraga ini.

Gambar X-Men karya Alti Firmansyah (Instagram)

Jadi, sebagai ilustrator Marvel, siapa yang menjadi superhero favorit Alti? Ternyata superhero favoritnya adalah Gambit dari “X-Men”. “Karena dia ganteng. Ha-ha….,” katanya.

Dari kisah Alti ini, buat kamu yang gemar gambar komik, terus saja tekuni hobi kamu itu. Siapa tahu kamu juga bisa seperti Alti. (tom)