Black Panther (Trillmag)

Film “Black Panther” yang baru tayang 14 Februari kemarin berhasil menggaet cukup banyak hati para penonton maupun penggemar kisah-kisah Marvel. Tapi ternyata karakter berkekuatan super bertema macan atau kucing-kucingan bukan cuma Raja T’Challa itu saja. Berikut adalah 5 superhero macan Marvel selain Black Panther.

1. Puma

Puma (Marvel)

Bernama asli Thomas Fireheart, dia merupakan seorang Indian dan mempelajari kekuatan untuk berubah menjadi semacam manusia siluman kucing gunung. Mencari sensasi dalam kehidupan, Puma turun jabatan dari CEO perusahaan Fireheart Enterprises lalu bekerja sebagai tentara bayaran. Suatu hari dia dibayar oleh Richard Fisk, anak penjahat Kingpin, untuk membunuh Spider-Man, namun Puma menghentikan tugasnya ketika dia melihat Spider-Man menyelamatkan orang lain dari marabahaya. Puma pun akhirnya menghormati sosok Spider-Man dan sering bekerjasama dengan pahlawan muda itu.

2. Hellcat

Hellcat (Marvel)

Awalnya dia merupakan karakter utama dari komik remaja Miss America Magazine, Patsy Walker kemudian bergabung ke dunia jagoan Marvel dan menjadi superhero bernama Hellcat. Ceritanya sebagai Hellcat bermula dari saat Patsy bekerja sebagai asisten Hank McCoy, Beast-nya X-Men. Ingin menjadi superhero karena hubungannya dengan suaminya yang bekerja sebagai tentara Angkatan Udara Amerika Serikat merenggang, Patsy mengambil kostum pahlawan lama The Cat, kemudian menemani Beast dan Avengers dalam beberapa perjalanan.

3. Tigra

Tigra (Marvel)

Pemilik asli kostum Hellcat, Greer Grant Nelson dulunya dikenal sebagai jagoan The Cat karena percobaan oleh Dr. Joanne Tumolo. Setelah selang beberapa waktu, terungkap Dr. Tumolo merupakan bagian dari kumpulan kaum Cat People, siluman kucing dengan kecerdasan dan kekuatan hebat yang tercipta di Abad Pertengahan karena sihir. Suatu hari Dr. Tumolo diburu oleh HYDRA demi mengungkap salah satu penemuan Cat People. Greer berhasil menyingkirkan para agen HYDRA, namun dirinya terluka parah. Dia pun terpaksa berubah menjadi siluman Tigra, sang pelindung bangsa Cat People, demi menyelamatkan nyawanya dari luka tersebut. Dengan kekuatan dan identitas baru, Tigra kembali beraksi memberantas kejahatan bersama pahlawan lain.

4. White Tiger

White Tiger (Marvel)

White Tiger ini masih ada hubungannya dengan Black Panther. Bedanya, White Tiger ini diadposi oleh 5 orang yang berbeda, yaitu Hector Ayala, Kasper Cole, Angela del Toro, Ava Ayala, dan satu lagi merupakan sosok Harimau Bengal betina yang kemudian diubah wujudnya jadi manusia. Yang menarik, jika dilihat dari nama-nama pengadopsi White Tiger ini, White Tiger bisa cowok bisa juga cewek, berbeda dengan Black Panther yang sudah pasti cowok.

5. Sabertooth

Sabertooth (Marvel)

Sabertooth merupakan salah satu tokoh antagonis “X-Men” sekaligus rival dari Wolverine. Sabertooth, atau identitas aslinya bernama Victor Creed, adalah seorang mutan yang juga menjadi bagian dari program tentara super Weapon X. Memiliki kekuatan penyembuhan, cakar dan taring tajam, daya tahan tinggi, dan indera yang luar biasa tajam, Sabertooth seringkali bekerja sebagai pembunuh bayaran.

Itulah 5 superhero Marvel bertema macan selain Black Panther. Mungkin kamu punya nama-nama lain selain yang sudah disebutkan di atas? (tom)