Musisi Indonesia (Instagram)

Perjalanan karier seorang musisi nggak selalu mudah, karena di dunia ini nggak ada yang instan. Semua butuh perjuangan. Karena itu, beberapa penyanyi harus memulai karier dari nol, yakni menjadi pengamen jalanan. Nggak tanggung-tanggung, beberapa musisi pernah berkeliaran di terminal dan jalanan menjajakan suara merdunya. Siapa saja mereka?

1. Charly van Houten

Charly (Instagram)

Sebelum terkenal sebagai vokalis band ST12, Muhammad Charly van Houten alias Charly ternyata pernah mengalami hidup susah. Lelaki asal Cirebon ini ternyata pernah mengamen di jalanan Bandung bersama istrinya, Regina. Karena usaha dan semangatnya, Charly pun mewujudkan impiannya membentuk sebuah band bersama rekan-rekannya.

2. Via Vallen

Via Vallen (Instagram)

Penyanyi dangdut Maulidia Octavia alias Via Vallen namanya sedang melejit di jagat hiburan. Ia pertama kali terkenal berkat masuk group musik dangdut seperti Sera dan Palapa. Wanita asal Sidoarjo tersebut memulai karier dengan perjuangan yang nggak mudah. Ia pernah ngamen di jalanan semasa kecilnya, bahkan dia juga pernah ditangkap satpol PP.

3. Rian D’MASIV

Rian D’MASIV (Instagram)

Vokalis band D’MASIV dengan suara khasnya ini ternyata pernah mengalami masa susah. Kebutuhan ekonomi yang menghimpitnya membuat Rian untuk memutuskan ngamen. Ia bernyanyi dari bus ke bus di terminal Blok M. Atas usaha kerasnya, ia bersama kawan-kawannya berhasil membuat band D’MASIV, yang kini telah masif dikenal publik sesuai namanya.

4. Slank

Slank (Instagram)

Nama Slank sudah terkenal sebagai band legenda Tanah Air dengan jutaan fans fanatik. Sebelum terkenal, band yang berdiri sejak 1983 ini pernah jadi pengamen dengan mengcover lagu-lagu band lain. Akhirnya Slank pun memutuskan menciptakan lagu sendiri. Lagu mereka melejit dan sangat digandrungi khalayak luas.

5. Iwan Fals

Iwan Fals (Instagram)

Sama seperti Charly, Iwan fals mengawali karier sebagai pengamen di jalanan Bandung. Penyanyi bersuara khas ini pun karirnya melejit setelah performanya dilirik sebuah label musik. Setelah bergabung dengan label musik, jadilah Iwan Fals terkenal dan lagunya melegenda untuk khalayak Tanah Air.

Itulah 5 musisi yang pernah hidup susah dan menjadi pengamen demi bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. Usaha mereka patut diapresiasi. (tom)