Berfoto di Bawah Air Terjun (IG @yovenda.fy)

Pariwisata Indonesia terkenal akan wisata alamnya yang sangat kaya dan beragam sehingga membuat kamu tidak akan kehabisan spot liburan kece di Indonesia. Tempat-tempat wisata alam Indonesia yang sangat indah meliputi pantai, laut, gunung, bukit, danau, goa, hingga air terjun. Tentunya saat mengunjungi tempat wisata alam dengan pemandangan yang sangat indah akan menggoda kamu untuk mengabadikannya melalui jepretan kamera dan membagikannya di sosial media agar lebih banyak orang yang tertarik untuk datang langsung menyaksikan keindahan tempat tersebut. Belakangan ini ada tren berfoto di bawah air terjun karena air terjun memiliki keindahan yang berbeda saat tertangkap jepretan kamera. Tentunya untuk menghasilkan foto di bawah air terjun yang kece butuh tips-tips khusus dan JadiBerita akan memberitahukannya untukmu, yaitu:

1. Datang Saat Cuaca Cerah

Berfoto Saat Cuaca Cerah (IG @mas.ambro)

Sebelum datang wisata ke air terjun, ada baiknya kamu mengecek prakiraan cuaca terlebih dahulu untuk mengetahui seperti apa cuaca di hari kamu pergi. Usahakan untuk datang saat cuaca sedang cerah karena biasanya jika kamu datang ke wisata air terjun saat sedang hujan atau setelah hujan, pemandangan di sana akan sedikit berkabut sehingga tampilan foto kamu tidak akan terlalu jernih terlihat. Selain itu, cuaca yang hujan juga bisa membuat bebatuan di sekitar air terjun lebih licin sehingga kamu harus ekstra berhati-hati.

2. Berpose dengan Payung Bersama Pacar

Gunakan Payung Bersama Pasangan (IG @anaaan17)

Jika kamu datang ke air terjun saat hujan, bawalah payung atau jas hujan dengan. Jadi kamu bisa berpose di bawah air terjun dengan menggunakan payung. Lebih bagus lagi jika kamu melakukannya bersama dengan pacar karena akan terlihat lebih romantis. Payung atau jas hujan yang dibawa sebaiknya yang memiliki warna cerah seperti kuning, biru, merah, atau hijau karena bisa membuat fokus tertuju pada kalian. Jika menggunakan payung bercorak, maka tidak akan terlihat instagramable.

3. Tampilkan Siluet Belakang Tubuh

Membelakangi Air Terjun (IG @anggilfernando)

Buat kamu yang tidak terlalu pede berfoto dengan menampilkan wajah, kamu bisa mencoba untuk berfoto dengan menampilkan siluet tubuh atau berfoto membelakangi kamera. Foto seperti ini harus lebih memfokuskan aliran air terjun, jadi kamu lebih baik berada di bagian sisi air terjun sehingga derasnya aliran air terjun tetap terlihat keindahannya. Dengan menampilkan bagian belakang tubuh, foto yang dihasilkan juga bisa memberikan efek misterius sehingga orang yang melihatnya jadi penasaran dengan dirimu.

4. Selimuti Tubuh dengan Kain Tenun Kekinian

Berpose dengan Kain Tenun (IG @amend_raditya)

Ada lagi nih JB’ers yang sedang menjadi tren ketika berfoto di bawah atau di dekat air terjun, yakni berfoto dengan menyelimuti tubuh dengan kain tenun khas Indonesia. Tidak diketahui secara pasti siapa yang memulai tren ini, tapi pastinya berfoto dengan membentangkan kain tenun di tempat wisata ini sudah mulai banyak dilakukan sejak akhir tahun lalu. Kamu bisa menyelimuti tubuh sambil duduk di depan air terjun dengan membelakangi kamera agar motif kain tenun terlihat jelas. Kain tenun tradisional Indonesia punya corak yang eksotis sehingga bisa membuat postinganmu tampil lebih kece.

5. Gunakan Perahu Karet yang Lucu

Perahu Karet Lucu Bisa Bikin Lebih Kece (IG @jejakbayuubay)

Kalau ingin foto di bawah air terjun kamu terlihat lucu, kamu bisa menggunakan perahu karet atau pelampung dengan tampilan karakter yang berwarna-warni sehingga terlihat menggemaskan. Dengan menggunakan perahu karet, kamu juga tidak perlu takut basah. Tapi untuk menggunakan perahu karet seperti ini, tentunya kamu harus memiliki lokasi air terjun dengan debit air yang tidak terlalu deras karena bisa-bisa sebelum berfoto, perahu karet kamu akan terbawa arus.

6. Mengibarkan Bendera Sebagai Wujud Cinta Indonesia

Gunakan Properti (IG @mistersuu)

Biasanya pose mengibarkan bendera dilakukan oleh para pendaki gunung untuk menunjukkan rasa bangga mereka karena sudah bisa melampaui medan yang tangguh. Tapi kamu juga bisa melakukannya di bawah air terjun untuk menunjukkan rasa kecintaanmu terhadap bumi pertiwi. Tak perlu membawa bendera merah putih yang besar. Cukup dengan bendera ukuran sedang kamu sudah bisa membuat tampilan foto di bawah air terjun jadi lebih kece.

7. Tantang Adrenalin dengan Meloncat dari Ketinggian

Meloncat dari Ketinggan (IG @indonesiantraveler_)

Terakhir, kamu bisa berfoto dengan cara meloncat dari ketinggian untuk menghasilkan di bawah air terjun yang lebih kece. Tapi tentunya cara ini hanya bisa kamu lakukan dengan menanyakan kepada pihak pengelola terlebih dahulu, apakah aman untuk meloncat atau tidak. Jika debit air terjun deras, kedalaman air cukup dalam, dan bebatuan di sekitarnya cukup curam, maka kamu tak akan boleh melakukannya. Tapi jika pihak pengelola mengatakan aman untuk berenang, biasanya kamu akan diperbolehkan meloncat.

Semoga beberapa tips yang ada di atas bisa membantu kamu untuk menghasilkan foto di bawah air terjun yang lebih kece lagi ya JB’ers! (jow)