Air Panas Sipoholon (Instagram)

Belakangan banyak wisatawan Indonesia yang berbondong-bondong menuju Turki untuk menikmati kecantikan Pamukkale, sebuah pemandian air panas dengan kolam serba putih yang eksotis. Padahal, untuk bisa menikmati suasana serupa, kamu nggak perlu jauh-jauh ke Turki, karena di Indonesia juga ada. Di mana itu?

Pamukkale (Instagram)

Tempat yang mirip dengan Pamukkale di Turki itu adalah Ai Panas Sipoholon. Pemandian air panas yang terletak di Situmeang Habinsaran, Kecamatan Sipoholon, Tapanuli Utara ini memiliki banyak persamaan dengan Pamukkale. Di setiap sudutnya, ada pegunungan pasir yang memancarkan warna putih bak kapas. Selain itu, aliran air panas dengan suhu 40 hingga 70 derajat celcius menjadikan tempat ini serasa surga lain di tanah Indonesia.

Air Panas Sipoholon (Instagram)

Objek wisata alam yang terbentuk akibat letusan Gunung Martimbang ini mengandung belerang. Banyak pengunjung yang percaya jika kandungan tersebut dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Selain untuk berobat, pemandian ini juga sering menjadi spot foto bagi anak muda. Mereka sengaja datang jauh-jauh demi mendapatkan foto terbaik di tempat tercantik Tapanuli Utara. Jika kamu ingin berendam di sini, maka kamu diharuskan membayar. Tenang saja, harganya cuma Rp 5 ribu saja kok.

Air Panas Sipoholon (Instagram)

Setelah mandi dengan air hangat, kamu bisa menyantap makanan enak khas Tapanuli Utara. Di sekitar objek wisata ini banyak sekali kedai yang menjual beragam kuliner mengenyangkan. Puas berburu makanan, mampir juga ke toko Kacang Sihobuk Tarutung yang berjarak 8 km dari pemandian. Di sini, banyak varian oleh-oleh yang terkenal hingga mancanegara, seperti kacang Sihobuk yang dimasak di kuali besar dengan pasir di dalamnya.

Air Panas Sipoholon (Instagram)

Wisata pemandian air panas Sipoholon sebenarnya sangat mudah untuk dikunjungi. Letaknya sendiri berada di pinggir jalan Lintas Timur Sumatera Utara dan hanya sekitar 7 menit saja dari kota Tarutung. Karena sangat strategis, tentu saja banyak akomodasi yang ditawarkan di dekat sini. Seperti Hotel Boli Boli yang berada di jalan Tarutung No.48. Jika kamu enggan untuk pulang malam dari pemandian, menginap saja di hotel ini.

Bagaimana menurut kamu? Suasananya mirip dengan Pamukkale ‘kan? Jadi, jika kamu ingin ke Pamukkale di Turki namun belum cukup biayanya, maka kamu bisa berkunjung dulu ke Air Panas Sipoholong. Dijamin kamu bakal betah dan nggak mau pulang. (tom)