Hampir semua orang pernah melakukan belanja online, baik itu berbelanja barang-barang fashion, kebutuhan rumah tangga, hingga kuliner. Ada banyak kemudahan yang ditawarkan saat kamu berbelanja online seperti tak perlu repot-repot keluar rumah dengan bermacet-macetan di jalan, mengantri di kasir, atau mengambil uang terlebih dahulu di ATM. Tak heran jika setiap harinya selalu ada toko online baru yang berlomba-lomba memberikan harga bersaing.

Bagi para penjualnya, dengan membuka toko online, kamu tak hanya bisa menjangkau seluruh daerah yang ada di Indonesia, tapi juga seluruh dunia. Selain dengan mengandalkan sosial media dan media e-commerce, marketing toko online juga bisa dilakukan dengan memiliki website toko online sendiri. Tentunya ketika membuat website toko online ini, kamu harus memilih domain murah dan paket hosting yang sesuai. Bagaimana caranya? JadiBerita akan memberikan panduannya untuk kamu, yaitu:

1. Cek Kredibilitas Tempat Hosting

Cek Kredibilitas Hosting (hostingbali.com)

Pertama-tama, kamu haruslah memilih tempat hosting yang memiliki kredibilitas baik. Bukan hal yang asing lagi ketika ada kasus pemilik toko online yang mengeluhkan tentang tempat hosting website mereka yang tidak sesuai dengan kenyataan pada saat penawaran. Jadi ada baiknya kamu melihat-lihat review orang-orang yang sudah menggunakan layanan di web hosting tersebut dengan berkunjung ke forum seperti diskusiwebshosting.com.

2. Bandingkan Spesifikasi Paket dengan Harga yang Diberikan

Pilih Paket Hosting yang Sesuai (niagahoster.co.id

Setelah tahu tempat hosting yang bagus, barulah kamu memilih paket hosting dengan harga yang terjangkau. Rata-rata layanan hosting memberikan tiga hingga lima paket yang ditawarkan. Bandingkan spesifikasi masing-masing paket dan sesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Untuk toko online biasanya kamu akan disarankan untuk memilih paket 2 atau 3 yang harganya berada di tengah-tengah.

3. Bandwidth dan Kapasitas Data yang Memadai

Bandwidth dan Kapasitas Data (www.windeal.ie)

Bandwidth menjadi salah satu faktor terpenting yang tak boleh kamu lupakan ketika akan memilih paket hosting untuk toko online karena jika pengunjung toko online kamu semakin meningkat, otomatis trafficnya akan cukup besar. Kalau bandwidth tidak cukup, maka website toko onlinemu akan mengalami down dan tidak bisa dibuka. Pastikan juga untuk memiliki kapasitas data yang memadai karena kamu akan lebih sering mengupload foto produk. Alangkah bagusnya jika layanan hosting yang kamu pilih menyediakan bandwidth dan kapasitas data unlimited.

4. Kecepatan Server Sangat Penting

Kecepatan Server (www.it-jurnal.com)

Ketika kamu membuka website toko online dan mendapati loading yang cukup lama, pastinya kamu akan menutup dan membuka website toko online lain yang lebih cepat diakses. Loading saat membuka website ini dipengaruhi dari server yang digunakan oleh layanan penyedia hosting. Jadi bisa diartikan kalau kecepatan server sangatlah penting untuk kelangsungan toko online kamu nantinya.

5. Cari yang Memberikan Support Terbaik

Live Support 24 Jam (Niagahoster.co.id)

Perhatikan juga bagaimana layanan support yang diberikan karena bagaimanapun juga pastinya akan ada kendala yang kamu alami selama menjalankan website toko online. Idealnya sebuah provider hosting haruslah memiliki layanan customer support selama 24 jam non stop, baik itu live chatnya maupun telepon. Perhatikan juga cara penyampaian dalam menyelesaikan masalah kamu, apakah mereka menanggapinya dengan ramah, sopan, dan jelas.

6. Pastikan Adanya Layanan Backup dan Keamanan

Keamanan dan Backup (iyiou.com)

Yang namanya kendala pasti tidak bisa kamu duga sebelumnya. Baik itu kendala server yang down, virus, atau pembajakan. Kamu tak akan pernah tahu berapa lama websitemu bisa diperbaiki seperti semula. Jadi sebaiknya kamu memilih hosting yang memiliki fasilitas backup dan keamanan yang bisa diandalkan. Dengan adanya layanan backup dan keamanan, kamu bisa lebih tenang jika nantinya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

7. Utamakan yang Ada Free Trial

Garansi 30 Hari (www.topwp.org)

Jika kamu masih ragu dengan provider hosting tersebut, lebih baik carilah yang memberikan free trial agar nantinya kamu bisa lebih mantap lagi untuk memakai jasa layanan hosting selama beberapa tahun ke depan. Free trial ini diberikan dengan cara memberikan garansi uang kembali dalam jangka waktu 30 hari pertama setelah layanan diaktifkan seperti yang dilakukan oleh Niagahoster. Selain garansi 30 hari uang kembali, kamu juga akan diberikan gratis domain selamanya.

Setelah membaca panduan di atas, semoga JB’ers tidak bingung lagi saat akan memilih paket hosting untuk toko onlinemu ya! (jow)