Sumba (Instagram)

Sudah bukan rahasia lagi jika keindahan alam Indonesia sudah dikenal dunia. Hal ini terbukti dengan banyaknya turis mancanegara untuk berkunjung ke Indonesia demi bisa melihat langsung keindahan alam Indonesia. Bukti lainnya adalah dinobatkannya salah satu pulau di Indonesia sebagai pulau terindah di dunia dari majalah asing.

Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT), terpilih sebagai pulau terbaik di dunia dalam pemberitaan versi majalah Focus di Jerman. Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Timur, Marius Ardu Jelamu.

Pantai Walakiri Sumba (Instagram)

“Kami berterima kasih dan apresiasi tinggi terhadap majalah ‘Focus’ di Jerman yang belum lama ini memilih Sumba sebagai pulau terindah di dunia (The Best Beatiful Island in the World),” ujar Marius seperti dikutip dari Dawainusacom, Rabu (28/2/2018).

Sebuah artikel berjudul “Sumba gehrt zu den 33 schnsten Inseln der Welt”  (Focus 17. February 2018, Seite 116) yang memiliki arti, “Sumba, Bukan Nama Sebuah Tarian, tapi Sebuah Mimpi”, menuliskan tentang keindahan pulau ini.

Menurut Marius, kekayaan alam dan budaya yang berlimpah merupakan alasan majalah internasional dengan oplah penjualan mencapai 5 juta eksemplar yang disebarkan ke berbagai negara itu memilih Sumba sebagai pulau terbaik dunia. Majalah Focus juga merupakan satu dari tiga majalah mingguan terkemuka di Jerman.

Anak-anak Sumba (Instagram)

Selain itu, lanjut dia, pulau Sumba memiliki kekayaan wisata megalitik serta berbagai produk budaya seperti tenun ikat, rumah adat serta budaya berkuda Pasola yang sudah tersohor. Pulau Sumba memiliki keindahan padang sabana yang luas yang jarang ditemukan di dunia serta alam laut dan pantai yang sangat eksotis.

“Lembaga internasional Bird Life juga telah menetapkan kawasan Taman Nasional Matalawa di Sumba sebagai important bird area karena ada 10 jenis burung endemik yang hidup di sana,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Marius mengatakan, semakin dikenalnya Sumba sebagai daerah wisata unggulan di Provinsi yang berbasis kepulauan itu menunjukkan upaya promosi dan pemasaran melalui kegiatan pariwisata sudah mulai membuahkan hasil.

Sumba (Instagram)

“Artinya branding yang kita jual untuk pengembangan pariwisata di Sumba melalui kegiatan ini sudah menunjukkan hasil positif karena sudah menyita perhatian masyarakat mancanegara,” ungkapnya.

Pulau Sumba berbatasan langsung dengan Pulau Sumbawa, Pulau Timor, Pulau Flores, dan Australia. Pulau seluas 10.710 km2 ini menyimpan begitu banyak potensi alam sebagai destinasi wisata Mulai pantai hingga perbukitan, pulau Sumba selalu menawarkan keindahan yang sama, yang menjadi surga tersembunyi di kepulauan Nusa Tenggara. Bahkan, nggak cuma keindahan alamnya saja, Hotel Nihiwatu yang berada di Sumba juga dinobatkan sebagai Hotel Terbaik di Dunia versi Travel+Leisure.

Jadi, masih mau ke luar negeri, sementara keindahan alam Indonesia juga patut untuk dieksplor lebih lanjut lagi? (tom)