Nasi Kentut Medan (pinterest.com)

Sudah bukan rahasia lagi kalau Indonesia memiliki kekayaan kuliner yang patut diacungi jempol. Beragamnya suku yang tinggal di Indonesia menyebabkan Indonesia memiliki beragam varian jenis kuliner tradisional yang masing-masing memiliki ciri khas khusus yang tidak dimiliki daerah lain. Sebut saja gudeg khas Yogyakarta yang memiliki citarasa manis gurih yang unik, lalu ada rendang yang aroma rempahnya sangat kuat, sate lilit yang menjadi ciri khas Bali, pempek yang terkenal sebagai camilan khas dari Palembang, hingga soto Medan yang kuahnya sangat gurih. Berbicara tentang kuliner Medan, baru-baru ini ada kuliner yang menjadi sorotan oleh para netizen. Kuliner tersebut adalah nasi kentut Medan.

Nasi Kentut Medan (cerita.picmix.it)

Mendengar namanya saja pasti kamu merasa aneh, jijik, dan enggan mencobanya. Kenapa? Pastinya karena kamu membayangkan kalau kuliner ini memiliki bau yang tak sedap seperti kentut. Buang jauh-jauh ya JB’ers pemikiran seperti itu karena kalau kamu sudah mencoba kuliner ini, pastinya kamu akan langsung ketagihan. Nasi kentut sebenarnya merupakan kuliner khas Medan yang nasinya dibuat dengan cara dicampur atau dibumbui dengan daun kentut atau yang juga dikenal dengan nama daun kasembukan di daerah Jawa.

Daun Kentut (kompasiana.com)

Daun kentut memiliki banyak sekali khasiat untuk tubuh, mulai dari melancarkan perncernaan karena mengandung banyak serat, mengurangi rasa kembung pada lambung, meringankan penyakit sariawan, meredakan radang tenggorokan, melancarkan peredaran darah, mengobati batuk, hingga menetralkan racun dalam tubuh kamu. Daun ini tumbuh secara liar dan memiliki aroma yang tidak sedap mirip dengan bau kentut. Jadi jangan coba-coba untuk menyantapnya dalam keadaan masih mentah. Setelah dimasak, daun kentut memiliki aroma yang sangat wangi, apalagi jika dipadukan dengan aneka rempah-rempah tradisional Indonesia lainnya. Tak hanya aromanya saja yang wangi, nasi yang dimasak dengan daun kentut ini bisa membuat citarasanya jadi lebih legit dan pulen.

Lauk Nasi Kentut (travelingyuk.com)

Nasi kentut Medan bisa disantap dengan aneka lauk pauk karena memang pada dasarnya kuliner ini merupakan nasi campur khas Medan. Ada banyak lauk yang bisa kamu pilih, mulai dari ayam goreng, ikan bakar, telur pindang, ayam balado, pepes, teri goreng medan, hingga aneka sambal pedas yang menggugah selera seperti sambal cabai hijau, sambal terasi, sambal goreng, sambal tomat, dan masih banyak lagi. Berhubung kuliner ini masuk dalam kategori kuliner kaki lima, maka harga yang dipatok tidaklah mahal. Kamu cukup merogoh kocek senilai Rp 10.000 hingga Rp 20.000 saja tergantung dari jenis dan berapa banyak lauk yang kamu pilih.

Nasi Kentut Medan (food.idntimes.com)

Buat JB’ers yang penasaran ingin icip, nasi kentut Medan ini hanya ada di daerah asalnya yakni di Jalan Wahidin No.24, Medan. Jam bukanya mulai dari pukul 12.00 hingga menjelang petang yakni sekitar jam 18.00. Jangan datang sore-sore ya karena kuliner ini cepat sekali habis.

(rei)