Orang yang Sukses (etimg.com)

Kamu pasti pernah mendengar pepatah yang mengatakan kalau ‘semua orang bisa sukses, asal mau bekerja keras’. Pepatah tersebut sering dikemukakan oleh beberapa orang, terutama para orang-orang yang sudah sukses. Siapa sih yang tidak ingin mencapai kesuksesan dalam hidup? Kesuksesan memang menjadi hal yang didambakan semua orang. Banyak yang mengait-ngaitkan talenta atau bakat menjadi benih kesuksesan seseorang. Memang benar orang yang bertalenta sudah memiliki benih kesuksesan. Tapi pada kenyataannya hampir sebagian besar orang yang sudah sukses justru tidak berawal dari talenta mereka, melainkan dari kerja keras yang sudah mereka lakukan. Kenapa hal seperti ini bisa terjadi ya JB’ers? Coba kita lihat lebih dulu alasannya!

1. Label ‘Bertalenta Cenderung Menimbulkan Rasa Malas

Rasa Malas Pada Orang Bertalenta (lifehack.org)

Ketika kamu dilabeli sebagai orang yang bertalenta, pastinya ada rasa bangga yang muncul dari dalam dirimu sehingga kamu merasa memiliki sesuatu yang tidak dimiliki orang lain. Hal ini cenderung membuat kamu merasa malas. Misalkan saja kamu sangat ahli bermain gitar sejak kecil karena memang kamu memiliki bakat di bidang musik. Berhubung kamu sudah mahir, maka kamu akan malas untuk berlatih dengan teman-teman lain yang keahliannya belum setara denganmu. Rasa malas inilah yang sangat merugikan orang bertalenta karena mereka akan dibalap alias tersaingi oleh orang lain yang menjadi ahli karena bekerja keras.

2. Adanya Rasa Ingin Terus Maju dan Berkembang

Rasa Ingin Maju dan Berkembang (www.muslimmarriageadvice.com)

Dalam diri orang-orang yang tidak memiliki talenta khusus, ada rasa untuk ingin terus maju dan berkembang lebih baik dari sebelum-sebelumnya. Bisa dikatakan hal ini yang memicu motivasi dari dalam diri. Mereka merasa kalau apa yang mereka miliki saat ini tidaklah cukup untuk membuat mereka menjadi sukses sehingga mereka terus bekerja keras sampai diri mereka merasa sudah berkembang dan lebih baik dari sebelumnya. Sikap ingin berkembang inilah yang kerap kali jarang ditemukan pada orang-orang yang bertalenta.

3. Orang yang Bekerja Keras dengan Tekun, Ilmunya Akan Terus Melekat

Bekerja Keras dengan Tekun (elshinta.com)

Ada lagi pepatah yang mengatakan ‘rajin pangkal pandai, hemat pangkal kaya’. Coba kamu telaah lebih dalam lagi. Kenapa harus rajin pangkal pandai, kenapa bukan genius pangkal pandai? Ini membuktikan kalau orang-orang yang rajin dan bekerja keras pasti bisa menyaingi orang-orang yang bertalenta. Kenapa? Sudah pasti karena mereka memiliki sifat ketekunan yang akan mendorong diri mereka untuk terus maju berjuang dengan gigih menjadi orang yang sukses pada akhirnya.

4. Saat Bekerja Keras, Mental Akan Jadi Lebih Kuat

Pantang Menyerah (lifehacks.io)

Ketika kamu bekerja keras, maka secara perlahan kamu akan membentuk diri menjadi orang yang lebih kuat secara mental alias tahan banting dalam menghadapi kehidupan. Kerja keras yang mereka lakukan sudah pasti melewati tahapan jatuh bangun terlebih dahulu. Proses jatuh bangun ini yang membuat mental pantang menyerah kamu jadi lebih kuat. Sudah banyak orang-orang sukses yang menjadi kuat setelah mereka mengalami kegagalan karena mereka pantang menyerah demi meraih kesuksesan yang mereka citakan.

5. Ingat Kalau Tuhan Selalu Bersikap Adil

Kelebihan Orang yang Bekerja Keras (www.merdeka.com)

Ingatlah selalu kalau Tuhan selalu bersikap adil kepada manusia ciptaannya. Ketika kamu merasa kalau kamu tidak memiliki talenta, pastinya kamu telah diberi anugrah lain seperti tenaga serta kemauan yang lebih untuk terus bekerja keras meraih kesuksesan. Begitu juga kebalikannya, orang-orang yang bertalenta belum tentu adalah orang yang sempurna. Mereka juga punya kekurangan yang harus disadari. Bisa jadi kekurangan orang bertalenta merupakan kelebihan dari orang yang bekerja keras.

Jadi mau itu orang yang bertalenta atau tidak, kerja keras menjadi hal yang paling penting untuk dapat meraih kesuksesan dalam hidup. Tanpa adanya kerja keras, maka apapun yang kamu inginkan tak akan bisa mudah tercapai ya JB’ers. (jow)