Ilustrasi wawancara kerja (Flickr)

Kejujuran adalah satu hal yang baik, dan pastinya diharapkan ada dalam diri setiap orang. Namun, terlalu jujur juga kadang memberikan masalah pada diri sendiri. Hal ini terjadi pada saat wawancara kerja. Jika terlalu jujur, bukannya diterima kerja, yang ada malah kamu ditolak. Nah, berikut adalah 5 rahasia yang nggak boleh kamu ungkap saat wawancara kerja.

1. Kamu butuh pekerjaan sesegera mungkin

Ilustrasi wawancara kerja (Pexels)

Calon atasan atau pewawancara kamu nggak perlu tahu betapa putus kamu Anda untuk mencari suatu pekerjaan. Seberapa besar keinginan kamu atau seberapa besar butuhnya kamu terhadap posisi baru harus dirahasiakan. Jika kamu mengungkapkan hal tersebut, perusahaan dapat menggunakan hal itu sebagai alasan untuk mem-bargain kamu untuk menawarkan lebih sedikit gaji daripada gaji sebenarnya untuk posisi yang akan kamu isi.

2. Gaji yang ditawarkan lebih tinggi dari sebelumnya

Ilustrasi uang (Flickr)

Negosiasi gaji yang efektif dimulai dari percakapan kamu dengan pewawancara di perusahaan tersebut. Jika mungkin, hindari pertanyaan terkait gaji selama wawancara pertama. Jika harga yang mereka tawarkan lebih tinggi daripada pekerjaan lain yang pernah kamu lakukan di masa lalu, tetaplah menawar dengan ketat. Memberi tahu kalau gaji yang mereka tawarkan amat tinggi hanyalah mengurangi kemungkinan negosiasi yang baik. Sebagai gantinya, bila mereka meminta rentang angka yang kamu harapkan, beritahu mereka seberapa banyak uang yang kamu hargai berdasarkan pengalaman dan nilai yang telah kamu lakukan dalam pekerjaan kamu.

3. Konflik dengan rekan kerja di pekerjaan sebelumnya

Ilustrasi konflik (Pixabay)

Kamu harus melakukan semua usaha untuk beradaptasi dengan tempat yang baru bila kamu diterima di pekerjaan yang baru. Akan tetapi, memberi tahu konflik yang pernah kamu lakukan dengan rekan kerja nggak akan membuat kamu terlihat lebih baik. Jika kamu nggak memiliki hubungan kerja yang baik dengan tim terakhir kamu, tetaplah tenang. Bila kamu menyampaikan hal tersebut, pewawancara akan beranggapan kamu sulit untuk diajak bekerja sama.

4. Isu pribadi yang berpengaruh pada produktivitas

Ilustrasi masalah pribadi (Pixabay)

Masalah pribadi pasti akan muncul selama karir kamu. Akan tetapi, seberapa dekat pun hubungan kamu dengan pewawancara, bukan hal yang bijaksana untuk mengungkapkan pandangan pribadi seperti drama keluarga, perceraian, pandangan politik, dan hal-hal lain yang nggak berkaitan dengan pekerjaan. Jadi, hindari persoalan pribadi saat wawancara kerja.

5. Kamu baru dipecat

Ilustrasi pecat (Freegreatpicture)

Pencari kerja nggak memiliki kewajiban hukum untuk mengungkapkan apakah mereka dipecat dari pekerjaan sebelumnya atau tidak. Mengungkapkan hal tersebut, hanya akan menimbulkan lebih banyak pertanyaan dan mungkin kamu  terpaksa mengatakan hal yang buruk. Ini akan menjadi awal yang buruk.

Itulah 5 rahasia yang nggak boleh diungkapkan saat wawancara kerja. Jika kamu keceplosan berbicara 5 hal di atas, siap-siap untuk ditolak kerja. (tom)