Pekerjaan yang Tak Disukai (www.mpssoft.co.id)

Memiliki pekerjaan yang disukai atau yang sudah dicita-citakan sejak lama pastinya akan membuat hidup kamu jadi lebih bahagia. Tapi pada kenyataannya, tak semua orang bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan mereka. Misalkan saja ketika kamu lulus dengan menyandang status sarjana hukum, tapi justru bekerja di perbankan atau kamu telah dipindahtugaskan ke bagian atau divisi lain yang tidak sesuai dengan minat kamu. Hal seperti ini sudah lumrah terjadi di dunia kerja dan mau tak mau kamu harus menjalaninya sehingga terkadang saat akan berangkat ke kantor di pagi hari, kamu akan merasa malas. Kalau sudah begini, apa yang harus kamu lakukan? JadiBerita punya lima solusinya untuk kamu, yaitu:

1. Carilah Makna Di Balik Pekerjaanmu Saat Ini

Makna Di Balik Pekerjaan (www.cdc.gov)

Setiap pekerjaan selalu ada makna di baliknya, baik itu pekerjaan kecil hingga besar. Jika kamu perhatikan, tak ada satupun pekerjaan di dunia ini yang tidak memiliki makna. Makna yang dimaksud di sini adalah makna yang berguna bagi orang lain. Contohnya saja pekerjaan customer service provider kartu telepon seluler. Coba saja kamu bayangkan kalau tidak ada mereka, ketika kartu kamu terblokir atau terkena masalah, siapa yang akan membantumu. Jadi apapun itu pekerjaanmu saat ini, pasti akan bermanfaat bagi orang lain. Setelah kamu menemukan maknanya, maka kamu akan mulai mencintai pekerjaanmu.

2. Bersikap Open Minded Agar Kemampuan Kamu Bertambah

Bersikap Open Minded (observer.com)

Memiliki sifat open minded sangat penting kamu tanamkan. Kenapa? Karena dengan menanamkan sifat ini, pekerjaan yang tadinya membosankan, bisa menjadi menyenangkan untuk kamu lakukan. Jangan karena kamu tak suka dengan pekerjaanmu saat ini, lalu kamu bekerja dengan malas-malasan asalkan bisa mendapatkan gaji saja. Buatlah dirimu berkembang seiring dengan pekerjaan yang kamu jalani. Siapa tahu nantinya kemampuan kamu akan terus bertambah.

3. Buatlah Motivasi untuk Kamu Bekerja Lebih Giat

Buat Motivasi (www.themuse.com)

Motivasi selalu bisa membuat hidup kamu menjadi lebih bersemangat, tak terkecuali dalam dunia pekerjaan. Selama ini, apa yang memotivasi kamu untuk bekerja? Kalau jawabannya adalah gaji yang didapat, hal tersebut bukanlah motivasi namanya. Gaji adalah imbalan yang wajib kamu dapat setelah melakukan pekerjaan. Sedangkan motivasi adalah hal bisa membuat kamu lebih bersemangat saat bekerja. Motivasi bisa berupa orang seperti keluarga yang ada di rumah bagi kamu yang sudah menikah, barang yang ingin kamu beli, hingga kata-kata mutiara yang bisa membuat semangat kerja kamu bertambah.

4. Ucapkan Rasa Bersyukur Setiap Harinya

Merasa Bersyukur (destinysolutions.com)

Solusi lain agar kamu tidak terus-terusan menggerutu dengan pekerjaan yang tak kamu suka adalah dengan bersyukur setiap harinya. Pernahkah kamu berpikir kalau di luar sana masih banyak orang yang melamar pekerjaan dan melakukan interview berkali-kali dari satu tempat ke tempat lain sementara kamu yang sudah memiliki pekerjaan tak perlu lagi melakukan hal tersebut. Ketika kamu sudah merasakan rasa syukur tersebut, pastinya kamu akan lebih menghargai pekerjaan yang kamu miliki saat ini.

5. Lakukan Banyak Kegiatan Outdoor di Waktu Luang

Melakukan Kegiatan Outdoor (IG @tanyabaracchi)

Dunia kerja mengharuskan kamu untuk masuk kerja selama 8-9 jam per harinya mulai dari Senin hingga Jumat. Waktu tersebut bisa bertambah jika kamu lembur. Inilah kenapa kamu akan semakin jenuh dengan pekerjaan yang kamu lakukan, apalagi jika pekerjaan tersebut tidak kamu sukai. Oleh karena itu, cobalah untuk merefreshing pikiran dengan melakukan kegiatan outdoor saat akhir pekan atau traveling ke tempat wisata alam sehingga bisa menenangkan pikiranmu dan menghilangkan rasa penat yang kamu pupuk selama berada di kantor.

Semoga setelah mencoba kelima solusi di atas, kamu bisa lebih mencintai pekerjaan kamu saat ini ya JB’ers!