Dilan 1990 (Detik)

Mungkin ada dari kamu yang hingga saat ini masih terngiang-ngiang akan adegan romantis yang ada dalam film “Dilan 1990”. Film tersebut memang terbilang sukses dan populer di Indonesia, Nggak heran jika film itu sudah mencapai 6,3 juta penonton di Indonesia, dan jadi salah satu film terlaris sepanjang masa menggeser film “Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 2”. Setelah populer di Indonesia, rencananya film “Dilan 1990” juga akan tayang di Malaysia.

Hal itu dibenarkan oleh Ody Mulya Hidayat, produser Max Pictures. Ody mengatakan bahwa film tersebut bakal diputar di Malaysia akhir Maret mendatang. “Dilan 1990” yang dibintangi Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla ternyata penuh permintaan untuk tayang di bioskop-bioskop Malaysia. Ody mengaku menargetkan minimal 2 juta penonton di Malaysia. Soal promosi, Ody mengatakan pihak eksibitor di Malaysia yang akan melakukannya.

Lebih keren lagi, film “Dilan 1990” nggak hanya tayang di Malaysia, tapi juga negara-negara lain, seperti Malaysia, Singapura, dan negara Asia lain seperti Jepang. Bahkan, ada rencana juga film ini bakal diputar di Australia dan Amerika Serikat.

Pemutaran film Dilan 1990 di Malaysia (Instagram)

Sampai saat ini, pihaknya sedang memproses penayangan di tiga kota, di Australia, yaitu Melbourne, Sydney, dan Perth. Karena itu, Ody belum memastikan kapan film tersebut akan tayang di sana. Permintaan tersebut datang dari masyarakat Indonesia yang menetap di sana.

Sementara itu, sang sutradara, Fajar Bustomi, mengaku senang filmnya bisa diputar di luar negeri. Dia menilai ini adalah bentuk apresiasi yang luar biasa. “Yang pasti senang karya kita banyak yang mau menonton,” ucapnya.

Film “Dilan 1990” memang sukses dan menjadi perbincangan sejak tayang 25 Januari 2018 lalu. Publik dibuat demam Dilan dan Milea semenjak film tersebut beredar. Akting Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla dalam arahan Pidi Baiq dan Fajar Bustomi juga dibanjiri pujian. Berbagai kalimat romantis nan puitis yang disampaikan Dilan kepada Milea juga berhasil membuat penonton Indonesia terpesona. Mereka sangat terbuai dengan gombalan puitis Dilan dan Milea yang diangkat dari novel laris karya Pidi Baiq itu.

Semoga saja selain negara yang sudah disebutkan tadi, film “Dilan 1990” juga bakal diputar di negara-negara lain, sehingga membuktikan bahwa film Indonesia juga bisa mendunia. (tom)