Film Indonesia inspiratif (Fotojet)

Selain film-film percintaan dan komedi, ada juga film Indonesia lain yang banyak digemari, yaitu film bertema motivasi. Film bertema motivasi itu bisa jadi inspirasi buat kamu dalam menjalani hidup ini. Berikut adalah 5 film Indonesia bertema motivasi yang mungkin bisa ubah hidup kamu.

1. Negeri 5 Menara

Poster Negeri 5 Menara (Twitter)

Film ini wajib kamu tonton jika kamu berprofesi sebagai guru. Film ini berkisah tentang seorang guru yang penuh dengan inspirasi dimana beliau dapat memotivasi murid-muridnya nggak hanya untuk menjadi orang sukses, tapi juga mendukung setiap passion dari anak didiknya. Film ini mengajarkan kita untuk menjadi guru yang inspiratif dan open-minded supaya anak-anak dapat belajar dengan giat dan percaya diri terhadap setiap mimpi yang mereka miliki.

2. Merry Riana: Mimpi Sejuta Dollar

Poster Merry Riana (Eruvierda)

Pada saat kerusuhan Mei 98 di Indonesia, seorang gadis bernama Merry Riana diharuskan untuk mengungsi ke Singapura demi kuliah disana. Merry diharuskan untuk bertahan hidup di Singapura sendirian, tanpa orang tua, tanpa saudara, tanpa siapapun. Ketika harapan sudah mulai sirna, ia memutuskan untuk kuliah dan menempuh pendidikan disana, hingga akhirnya bisa jadi pengusaha sukses. Film ini mengajarkan kita untuk selalu berusaha dalam berbagai keadaan, karena kesuksesan itu lahir dari kita yang pantang menyerah.

3. 5 cm

Poster 5 cm (Rimbabaca)

Bercerita tentang 5 orang sahabat yang sudah berteman selama 15 tahun. Karena waktu yang sangat lama, akhirnya mereka sampai kepada titik paling jenuh dalam kehidupan pertemanan mereka. Kelima sahabat ini memutuskan untuk nggak bertemu selama 3 bulan demi suatu tujuan. Mereka akan mendaki puncak tertinggi dari gunung Semeru dan menancapkan bendera merah putih disana. Sebuah perjalanan yang penuh tantangan, impian, dan cinta.

4. Laskar Pelangi

Poster Laskar Pelangi (Twitter)

Sepertinya sebagian besar dari orang Indonesia sudah tahu dan pernah nonton film ini. Dari film ini kita bisa belajar tentang seorang guru yang mau berkorban dan memberikan hidupnya untuk anak-anak yang ada di ujung Indonesia supaya memiliki masa depan yang gemilang. Dari sini kita juga bisa belajar tentang anak-anak di tempat yang terpencil yang semangat belajar dan nggak malas menuntut ilmu. Walau dengan segala kesederhanaannya, tapi mereka bisa memanfaatkan itu untuk mengejar prestasi.

5. Surat Kecil untuk Tuhan

Poster Surat Kecil untuk Tuhan (Sahabatnesia)

Bercerita tentang seorang gadis remaja bernama Gita yang menderita kanker ganas. Tentang perjuangannya untuk melawan penyakit kanker yang dideritanya. Gita masih bersekolah dan menghadapi ujian di sekolahnya meskipun harus melawan rasa sakit yang dahsyat. Kisah gadis yang cerdas dan cantik ini akan menginspirasimu terutama bagi kamu yang masih sekolah. Meski dengan segala kesusahannya, Gita masih memikirkan tentang masa depannya dan kenangan yang akan ia tinggalkan bagi orang-orang yang ada di sekitarnya.

Mana yang sudah pernah kamu tonton dan menjadi favorit kamu? Semoga film-film di atas bisa menginspirasi kamu untuk hidup lebih baik lagi. (tom)