Komputer terkecil (IBM)

Zaman semakin berkembang, begitu pula dengan teknologi yang menjadi semakin canggih. Pada era 1990-an kita mungkin nggak  pernah berpikir bisa melakukan panggilan video melalui ponsel kecil yang bisa digenggam. Begitu juga dalam hal teknologi komputer, yang dulu berukuran besar, kini bisa menjadi berukuran mini. Salah satu komputer mini ini dirilis oleh IBM.

Tanggal 19 Maret lalu, IBM umumkan sebuah perkembangan teknologi dengan mengumumkan komputer terkecil buatan mereka. IBM ternyata nggak main-main, soalnya komputer yang mereka buat ini ternyata lebih kecil dari sebutir garam, yaitu berukuran 1×1 mm. Saat sudah terpasang dengan motherboardnya, ukuran komputer ini menjadi sedikit lebih besar, meski nggak lebih besar dari ujung jari manusia.

Chip mini (IBM)

Walaupun ukuran kecil, performanya nggak sesuai dengan ukurannya. Komputer ini punya kemampuan perhitungan 86 kali lipat daripada chip yang dibuat pada tahun 1990. Chip buatan 1990 tersebut kuat untuk menjalankan game “Doom” versi pertama. Sebagai informasi, “Doom” membutuhkan komputer dengan spek minimum prosesor 386 dan RAM 4 MB. Dengan demikian, chip mini terbaru buatan IBM ini bisa memainkan “Doom” tanpa masalah.

Secara fitur, komputer ini dilengkapi prosesor yang memiliki beberapa ratus ribu transistor, memori SRAM, sel photo-voltaic sebagai sumber daya listrik, dan unit komunikasi yang menggunakan LED dan detektor foto untuk berkomunikasi dengan perangkat lain. Dengan demikian, komputer kecil ini memungkinkan untuk memonitor, menganalisa, mengkomunikasikan, bahkan bertindak berdasarkan data.

Chip mini (IBM)

Sebagai perbandingan, komputer terkecil di dunia sebelumnya adalah Michigan Micro Mote yang dipamerkan pada 2015. Dikutip dari The Verge, Rabu (21/3/2018), lebar komputer tersebut adalah 2mm.

Manurut IBM, komputer ini cuma permulaan. Menurut head of research IBM Arvind Krishna, teknologi super kecil ini bakal ada di benda-benda sehari-hari kita dalam tahun-tahun mendatang. Belum ada kabar jelas kapan komputer ini bakal dirilis. Saat ini, para peneliti IBM sedang menguji coba prototipe pertamanya.

Kita nantikan saja perilisan dari komputer terkecil di dunia ini. Semoga inovasi ini bisa mengubah kehidupan kita jadi lebih baik. (tom)