Pantai Plengkung (Instagram)

Banyuwangi pantas berbangga diri sebab memiliki salah satu pantai dengan karakteristik ombak terbaik di dunia untuk surfing. Pantai tersebut adalah pantai Plengkung atau lebih dikenal dengan nama G-Land. G-Land menyuguhkan perpaduan antara pemandangan alam yang alami serta surga selancar bagi para surfer.

Ombaknya yang besar dan mampu bertahan dalam waktu yang lama serta berlapis-lapis berhasil menjadi magnet bagi wisatawan baik lokal maupun manca negara khususnya mereka yang hobi berselancar. Bahkan, pantai ini pun tercatat sudah lima kali menjadi tuan rumah ajang surfing internasional.

Pantai Plengkung (Instagram)

Kenapa Pantai Plengkung ini dikenal dengan nama G-Land? Hal ini merujuk pada beberapa konotasi, di antaranya “G” di artikan sebagai “Great” sebagai gambaran ombaknya yang besar, “Green” atau “Green Land” yang dikaitkan dengan lokasinya yang berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo dan yang terakhir “G” berarti “Grajagan” yaitu sebuah pantai dan pelabuhan tempat perahu nelayan yang dipakai wisatawan untuk menuju pantai ini.

Pantai Plengkung sendiri pertama kali dipopulerkan oleh dua orang peselancar asing pada tahun 1972. Para turis yang sudah mencicipi ganasnya ombak G-Land lantas menjulukinya sebagai “The Seven Giant Waves Wonder” hal ini karena pantai tersebut memiliki 7 gulungan ombak yang masing-masing berketinggian hingga 6 meter. Selain di G-Land, formasi ombak raksasa seperti itu hanya bisa ditemui di Hawaii, Australia, dan Afrika Selatan saja. Wajar saja jika G-Land di Banyuwangi ini disejajarkan dengan Hawaii.

Pantai Plengkung (Instagram)

Jika kamu nggak bisa berselancar, pantai ini masih menyediakan keindahan alam yang bisa kamu nikmati. Jalan-jalan di pinggir pantai adalah salah satu kegiatan yang menarik dilakukan pada pagi hari. Selain itu tepat jam 10 pagi kamu bisa melihat para surfer beraksi di atas ombak. Kamu bisa melihatnya dari panggung yang memang disediakan untuk para penonton. Jangan lupa membawa teropong karena jaraknya jauh. KAmu juga bisa menjelajah pantai lain yang berada di sekitar Pantai Plengkung, yaitu Pantai Batu Lawang, Pantai Parang Ireng dan Pantai Gotri. Semua pantai itu bisa ditempuh hanya dengan jalan kaki.

Jika kamu ingin tinggal lama di G-Land, kamu bisa menginap di G-LAND Joyo’s Surf Camp. Resor ini memiliki 30 kamar yang nyaman dengan berbagai fasilitas yang ideal untuk liburan keluarga, bulan madu ataupun bertemu dengan kelompok yang ingin belajar selancar. Selain itu adanya fasilitas tambahan seperti arena ping pong, biliar, serta kelas yoga setiap paginya akan membuat tamu betah di sana, belum lagi pelayanan dari staf dan chef yang ramah menjadi bonus tersendiri bagi traveler yang menginap di sana.

Pantai Plengkung (Instagram)

Jadi, kamu nggak perlu jauh-jauh ke Hawaii untuk bisa berselancar atau melihat orang berselancar dengan ombak super besar. Cukup datang ke Pantai Plengkung ini saja. (tom)