Pantai Suwehan (Instagram)

Indonesia tak pernah kekurangan pantai untuk menarik minat wisatawan. Namun tak melulu mengandalkan hamparan pasir putih, perairan jernih, atau kekayaan bawah laut, sejumlah pantai di Tanah Air menyajikan daya tarik khusus lewat formasi karang atau batu unik. Contohnya seperti 5 pantai berikut ini.

1. Pantai Batu Dinding

Pantai Batu Dinding (Instagram)

Pantai yang berlokasi di Bangka ini memiliki sebuah batu granit besar. Posisinya juga unik karena seperti berdiri tegak dan terlihat menonjol dibanding batu-batu lainnya di sekitar pantai. Batu ini sering disebut penduduk sekitar sebagai Batu Dinding dan kerap dijadikan spot untuk foto-foto. Di depan batu setinggi 20 meter ini, terdapat pula batu unik lain yang dinamakan batu pari karena bentuknya sekilas mirip ikan pari.

2. Pantai Batu Payung

Pantai Batu Payung (Instagram)

Terletak di kawasan Lombok Tengah, Pantai Batu Payung terkenal karena memiliki karang besar. Bentuknya jika diperhatikan mirip sebuah payung, hingga menginspirasi penduduk setempat untuk memberikan nama demikian pada tempat ini. Sayangnya, memiliki hamparan pasir putih dan sebagian besar wilayahnya terdiri dari bebatuan. Meski demikian, bukan berarti pantai yang pernah muncul di sebuah iklan rokok ini kurang populer. Nggak sedikit pengunjung datang ke sini hanya untuk sekedar berfoto-foto.

3. Pantai Suwehan

Pantai Suwehan (Instagram)

Pantai Suwehan terletak di wilayah Pulau Nusa Penida, Bali. Salah satu daya tarik utama lokasi ini adalah Batu Jineng, yang memiliki bentuk unik. Batu Jineng berdiri tegak di tengah-tengah Pantai Suwehan. Bentuknya lancip, hampir mirip seperti sebuah piramida, namun nggak simetris. Pantai ini masih relatif sepi pengunjung hingga cocok bagi mereka yang ingin bersantai menikmati suasana tenang.

4. Pantai Kelingking

Pantai Kelingking (Instagram)

Sama seperti Pantai Suwehan, pantai satu ini juga terletak di kawasan Pulau Penida. Selain perairannya yang biru dan jernih, Pantai Kelingking dikenal punya sebuah batu alam berbentuk unik di bagian pesisirnya. Banyak turis asing menyebut batu tersebut mirip dengan kepala dinosaurus T-Rex. Ada juga yang mengatakan lebih mirip dengan paus.

5. Pantai Batu Limau

Pantai Batu Limau (Instagram)

Riau ternyata memiliki pantai yang unik, letaknya ada di Pulau Kundur di Tanjungbalai Karimun. Penduduk sekitar menamakannya sebagai Pantai Batu Limau. Selain bentuk batu unik yang terlihat pada foto di atas, jika menjelajahi sudut Pantai Batu Limau dengan seksama, kita akan menemukan sebuah batu yang bentuknya mirip alat kelamin laki-laki. Bahkan ada juga batu unik lain yang bentuknya sangat identik dengan alat kelamin perempuan. Nggak ada yang tahu pasti bagaimana dua batuan tersebut bisa berbentuk sedemikian rupa.

Dari kelima pantai di atas, sudahkah kamu mengunjungi semua atau salah satunya? (tom)