Ini 5 Band Indonesia yang Layak Diberi Gelar Legendaris

Jika ditanya soal band legendaris asal Indonesia, sudah pasti bakal kepikiran band-band lawas seperti God Bless, Koes Plus, atau Panbers. Padahal, masih ada band lain yang juga layak untuk menerima gelar band legendaris. Contohnya seperti 5 band berikut ini.

1. Dewa 19

Dewa (Zaychordgitar)

Nggak bisa dipungkiri bahwa band yang satu ini memang bisa dikatakan legendaris. Band dengan pentolan Ahmad Dhani ini terbentuk pada tahun 1986. Band ini punya fans yang jumlahnya jutaan, albumnya banyak dan lagu-lagunya relatif enak didengar dan sangat berkualitas, bahkan ada juga lagu lama Dewa 19 yang masih terdengar hingga saat ini.

2. Padi

Padi (Okezone)

Jika menyebut band Dewa 19, tentu menyebut pula band Padi, yang kini bernama Padi Reborn. Album yang sudah dikeluarkan Padi memang nggak banyak, hanya 5 album dan beberapa single saja. Tapi penjualan albumnya terbilang sangat fenomenal. Banyak lagu Padi yang enak didengar, inspiratif, dan hits.

3. GIGI

GIGI (Printerous)

Band GIGI merupakan salah satu band papan atas Indonesia yang juga memiliki popularitas luar biasa. Band asal Bandung ini dibentuk tahun 1994, dan hingga hari ini usianya sudah 24 tahun lebih. Band ini punya album banyak dan selalu laku keras. Konsernya sudah ke mana-mana hingga ke mancanegara. Selain itu, band ini punya personil yang jago dalam urusan skill dan performance. Lagu dari GIGI juga banyak yang dikenal, dari dulu hingga sekarang.

4. Pas Band

Pas Band (Sportourism)

Band ini merupakan salah satu pelopor band indie yang berani mendobrak pakem dan aturan mayor label yang ribet. Pas Band dibentuk secara resmi pada tahun 1990, di Bandung. Hampir 28 tahun mereka malang melintang di dunia musik tanah air. Sejak tahun 1993, sekitar 8 album sudah mereka luncurkan. Penjualan albumnya pun relatif sangat bagus. Soal kemampuan bermusik para personilnya jangan diragukan lagi. Mereka semua jago dalam meramu musik punk, hip hop, dan alternative rock.

5. Slank

Slank (Tribunnews)

Slank sudah ada sejak tahun 1983. Sampai saat ini mereka pun tetap eksis. Albumnya sudah nggak terhitung dan selalu laku keras. Lagu-lagunya banyak yang jadi juara di berbagai ajang penghargaan nasional. Bahkan beberapa lagu dan albumnya pernah masuk sebagai 150 lagu terbaik sepanjang masa versi majalah Rolling Stones. Slank bisa dibilang band papan atas paling revolusioner, produktif, dan punya karakter. Semua personilnya punya skill dan musikalitas yang mumpuni.

Apakah kamu nge-fans pada salah satu band di atas? Layakkah mereka mendapat gelar band legendaris? (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...