Pulau Pramuka (Mongabay)

Kepulauan Seribu atau Pulau Seribu merupakan nama wilayah kepulauan yang ada sekitar 45 kilometer di utara ibu kota Jakarta, Kepulauan tersebut terdiri dari 110 pulau ada yang berpenghuni dan ada juga yang nggak berpenghuni yang sejajar seperti rantai. Tempat tersebut merupakan destinasi wisata favorit bagi warga Jakarta yang ingin melihat keindahan laut lepas. Salah satu pulau di Kepulauan Seribu yang banyak dikunjungi adalah Pulau Pramuka.

Pesona dan keindahan pulau Pramukan memang nggak perlu diragukan lagi, dimana di pulau pramuka ini akan membuat para wisatawan akan terkagum-kagum akan keindahan pulau ini seperti keindahan bawah lautnya yang eksotis serta mempesona.

Pulau Pramuka (Instagram)

Perairan di sekitar wilayah Pulau Pramuka memang dikenal memiliki air yang jernih, hingga kita dapat melihat dengan jelas warna warni terumbu karang yang tumbuh di laut dangkal sekitar Pulau Pramuka. Selain itu ikan-ikan yang cukup beragam hidup di wilayah terumbu karang Pulau Pramuka. Keindahan itu membuat kita betah berlama-lama menghabiskan waktu dalam aktivitas snorkeling di Pulau Pramuka.

Pulau ini memiliki kekayaan biota laut yang masih alami seperti aneka ragam terumbu karang dan ikan laut yang cantik sehingga bagi kamu para wisatawan yang gemar diving atau menyelam akan takjub dengan keindahan alam bawah laut pulau Pramuka ini.

Nggak cuma keindahan alamnya saja yang bikin kamu senang. Saat tiba di Pulau Pramuka ini, kamu juga akan disambut keramah-tamahan penduduk lokal pulau ini yang siap memberikan senyuman pada tiap wisatawan yang datang. Siapa yang nggak senang jika disambut dengan ramah?

Pulau Pramuka (Instagram)

Jika sudah puas melihat-lihat keindahan bawah laut, kamu juga bisa melihat langsung penyu sisik yang tergolong langka dan dilindungi di penangkaran yang ada di Pulau Pramuka. Upaya penangkaran ini dimulai sejak tahun 1984. Kegiatan yang dilakukan pada pelestarian penyu sisik ini meliputi berbagai langkah penyelamatan, yaitu meliputi upaya pembinaan habitat pulau tempat penyu bertelur, menunggui penyu bertelur dan kemudian menyelamatkan telur penyu dari hama dan predator, penetasan telur semi alamiah, perawatan anak penyu (tukik) untuk pelepasan di habitat asli, dan pembinaan masyarakat dalam upaya konservasi penyu sebagai satwa langka.

Pulau Pramuka pun memiliki sarana fasilitas yang lengkap untuk para wisatawan seperti rumah sakit, home stay, cottage masjid, sarana olahraga dan beragam fasilitas lainnya yang akan membuat para wisatawan enggan meninggalkan kenyamanan dan pesona indah pulau Pramuka ini.

Penyu sisik di Pulau Pramuka (Mongabay)

Jadi, buat kamu yang ingin menikmati keindahan bawah laut, nggak perlu jauh-jauh ke Bunaken, karena di Jakarta sendiri sudah ada destinasi wisata yang menawarkan kekayaan bawah laut nggak kalah indah. (tom)