Puncak Sempur (Pigilagi)

Kalau mendengar Kota Karawang pasti yang terpikir penghasil beras atau goyang Karawang. Namun ternyata, ada kecantikan alam tersembunyi di Karawang, yang pemandangannya juara. Tempat itu adalah Puncak Sempur.

Tempat wisata ini berada Cintalaksana, Tegalwaru, Kabupaten Karawang tepatnya di daerah Loji, Kabupaten Karawang. Puncak Sempur berada di ketinggian 712 mdpl, sehingga cocok buat kamu yang mau berpetualang.

Puncak Sempur (Instagram)

Keindahan alam di atas Puncak Sempur begitu mengagumkan. Pemandangan hijau yang nampak segar mampu membuat pengunjungnya ingin berlama-lama di atas sana. Nggak jarang ada juga yang datang ke tempat ini untuk camping atau mengadakan acara gathering. Namanya tempat ketinggian, tentu saja udaranya terasa segar dan berbeda dengan udara perkotaan. Udara yang segar ini dijamin bisa menjernihkan pikiran kamu.

Menuju Puncak Sempur kamu nggak perlu takut akan tersasar. Rutenya cukup mudah karena jalan besar hanya satu dan di setiap pertigaan terdapat papan petunjuk. Jalanan juga termasuk sudah baik hanya perlu hati-hati karena sering ada perbaikan jalan. Setelah sampai di puncak akan ada pos pemberhentian untuk parkir.

Puncak Sempur (Instagram)

Rute yang ditempuh yaitu sekitar 1 jam dari Kota Karawang melewati jalur Badami menuju Pasar Loji. Sampai di pertigaan Pasar Loji akan ada papan petunjuk. Ambil jalur kanan ikuti papan petunjuk menuju Wisata Gunung Sangga Buana, kemudian belok kiri setelah ada papan petunjuk Wisata Gunung Sangga Buana. Ikuti jalan yang berkelok-kelok dan naik turun. Setelah sampai tempat wisata Sangga Buana, kita masih harus naik lagi ke atas, karena Puncak Sempur berada di ujung.

Di atas Puncak Sempur motor dan mobil akan berakhir di sebuah lahan parkir yang cukup luas. Di sini terdapat sejumlah warung yang bisa dijadikan lokasi istirahat. Aula pun disediakan untuk bermalam. Jika ingin nyaman, sudah ada penyewaan villa dengan beragam bentuk dan biaya.

Puncak Sempur (Instagram)

Jadi, jika kamu ingin sejenak pergi dari bisingnya perkotaan, bisa datang ke Puncak Sempur ini karena letaknya nggak terlalu jauh dari Jakarta, dan masih di Pulau Jawa. (tom)