Munduk Asri (Instagram)

Mendengar nama Bali, yang terpikirkan pastilah pantainya yang indah. Memang, Bali identik dengan beberapa pantai yang indah dan mendunia. Namun, selain pantai, Bali juga menyimpan keindahan lainnya, yaitu hutan. Salah satu hutan di Bali yang bisa kamu kunjungi adalah Munduk Asri.

Munduk Asri berada di Desa Kerta, Kecamatan Payangam Gianyar, Bali. Munduk Asri adalah sebuah tempat wisata yang dibangun di tebing yang memanfaatkan akar pohon besar. Lokasi yang berada di Ubud ini terkenal dengan alam yang asri, maka nggak heran tempat wisata ini sangat pas untuk refreshing dari kegiatan sehari-hari.

Munduk Asri (Instagram)

Ketika pertama kali masuk kesana, kamu akan melalui gapura yang terbuat dari akar tanaman. Akar-akar ini ditata sedemikian rupa layaknya sarang burung namun hanya setengah lingkaran. Kemudian berjalan lurus melalui jalan setapak dengan kanan dan kiri rerumputan dan pepohonan.

Setelah melewati jalan setapak, kamu akan melewati jembatan bambu. Jembatan bambu ini memanjang melewati jurang yang curam. Jangan lupa siapkan kamera kamu, sebab banyak sekali spot instagrammable yang wajib diabadikan. Setelah melewati jembatan, kamu wajib melalui puluhan anak tangga. Anak tangga tersebut merupakan hasil pahatan masyarakat lokal dan sudah memiliki pengaman, sehingga kamu nggak perlu khawatir.

Setelah kamu sampai di puncak, spot instagrammable lain siap menantimu, seperti sangkar burung yang terbuat dari akar, terowongan akar, TV area, dan lain-lain. Dan nggak ketinggalan, pemandangan dari atas tebing yang indah dan sejuk. Di sini, pengunjung bakal dimanjakan dengan suasana daerah pegunungan.

Munduk Asri (Instagram)

Fasilitas yang terdapat di Munduk Asri ini antara lain sudah tersedia warung atau toko. Warung-warung tersebut menjual berbagai aneka makanan dan minuman. Dan harganya, juga standar sekitar Rp 3 ribu hingga Rp 15 ribu saja, sehingga kamu nggak perlu repot membawa bekal.

Untuk toko, ada toko suvenir khas Munduk Asri Ubud yang dapat kamu jadikan oleh-oleh untuk teman, saudara, ataupun orang tercinta di rumah. Mulai dari kaos, gantungan kunci, topi, dan sebagainya.

Mencari objek wisata alam ini terbilang mudah, karena letak dari Munduk Asri dapat diakses melalui Jalan Raya Payangan – Kintamani. Hanya memerlukan waktu sekitar satu setengah jam dari Kota Denpasar menuju arah Kintamani.

Dari Pasar Payangan tempuh jalur lurus ke utara sekitar tiga kilometer akan terlihat di kiri jalan papan nama yang bertuliskan Munduk Asri. Selanjutnya masuk ke kiri sekitar 300 meter melewati perkebunan jeruk warga setempat, maka akan sampai di depan loket karcis Munduk Asri.

Munduk Asri (Instagram)

Tiket masuk ke lokasi wisata ini hanya Rp 15 ribu saja. Jika kamu  ingin berkunjung ke Munduk Asri, diusahakan saat weekday saja dan hindari saat liburan akhir pekan apalagi liburan hari raya seperti Galungan dan Kuningan, karena saat liburan destinasi wisata ini selalu ramai pengunjung.

Sekadar tips, bagi kamu yang ingin berkunjung, pakailah sepatu yang nyaman dan alas sepatu yang nggak licin. Sebab jembatan terbuat dari bambu dan cukup licin jika memakai sepatu yang licin alasnya. Tentu hal itu akan menyulitkan kamu berjalan. Buat yang cewek, lebih baik memakai celana, sebab jalanan banyak yang menanjak dan jika memakai rok akan membuat kamu kesulitan sendiri.

Bosan ke pantai yang ada di Bali? Kamu bisa berkunjung ke Munduk Asri ini. (tom)