Ilustrasi curhat (Loop)

Curhat itu merupakan salah satu bentuk katarsis alias bentuk penyaluran emosi yang terpendam. Dengan curhat, kamu bisa merasakan suatu kelegaan yang sangat luar biasa, kalau orang yang kamu curhatin juga berupaya membuatmu jadi lebih baik. Supaya kamu bisa jadi teman curhat yang baik, ini 5 cara yang bisa kamu lakukan.

1. Lakukan kontak mata

Ilustrasi kontak mata (Famous)

Fokuskan pandanganmu ke teman atau sahabat kamu. Jangan melihat ke kanan ke kiri atau menunduk, melihat-lihat yang lainnya dan sebagainya. Selain bikin teman kamu itu merasa enggak diperhatikan, kita juga terlihat nggak menghargai masalahnya. Tapi kamu juga nggak perlu melotot atau menatapnya terus-terusan. Intinya, lakukan kontak mata dengan pas.

2. Fokus dengarkan curhatannya

Ilustrasi nggak fokus (Liputan6)

Selain melakukan kontak mata, kamu harus fokus mendengarkan curhatannya. Dari situ kamu bisa tahu apa permasalahannya dan kenapa teman kamu itu bisa mengalami masalahnya itu. Jika nggak fokus, bisa-bisa kamu kebingungan sendiri, dan bikin teman kamu ngambek gara-gara curhatannya nggak didengarkan.

3. Jangan menyela dan sok tahu

Ilustrasi menyela (Bintang)

Ini hal yang biasanya terjadi. Jangan menyela atau sok tahu dengan apa yang diceritakan teman kamu. Misalnya kamu punya pengalaman serupa yang dialami teman kamusaat ini, jangan terburu-buru untuk menyela, apalagi memberikan kesimpulan dini. Padahal mungkin cerita akhirnya akan berbeda. Dengarkan cerita teman kamu sampai habis, baru setelah itu kamu bisa memberikan pendapat kamu.

4. Jangan balik curhat

Ilustrasi curhat balik (Rapifilms)

Sobat sedang menceritakan masalahnya ke kamu. Jadi, jangan balik curhat ke dia dulu, karena saat ini teman kamu yang sedang butuh solusi, bukan mencarikan solusi buat kamu. Kamu bisa curhat kapan-kapan ke teman kamu, setelah masalah teman kamu itu selesai.

5. Berikan nasihat atau motivasi

Ilustrasi beri motivasi (Kapanlagi)

Berikan dukungan berupa motivasi misalkan ketika teman kamu dalam kondisi terpuruk seperti habis dapat nilai jelek di sekolah atau kuliahnya, dimarahi guru atau orangtua, dan sebagainya. Jangan sampai kamu langsung men-judge kesalahan ada pada teman kamu itu. Hal itu justru membuatnya makin down.

Jadi, apakah kamu sudah siap untuk menjadi teman curhat yang baik? (tom)