Ilustrasi bahagia (Pxhere)

Melihat kehidupan orang lain dari satu sisi terkadang membuat kita iri. Terlebih bila melihat kekayaan yang dimiliki mereka untuk melakukan berbagai hal yang menjadi impian kita. Rasanya, kebahagiaan yang selalu mengelilinginya akan berbanding terbalik dengan kita yang harus penuh perjuangan. Namun, nggak semua harus diukur dengan uang, karena ada kebahagiaan yang nggak bisa dibeli dengan uang. Contohnya seperti 5 kebahagiaan ini.

1. Waktu

Ilustrasi waktu (Pixabay)

Saat masih kecil, kita mungkin saja nggak memiliki banyak uang. Namun, kita bisa tetap bahagia untuk melakukan berbagai aktivitas seru tanpa mengeluarkan biaya. Ke rumah teman, melakukan hobi, jalan-jalan dadakan, hingga nongkrong seharian sambil membahas banyak hal bersama teman sudah cukup untuk menyegarkan pikiran. Setelah bekerja dan menghasilkan uang sendiri, kamu harus pintar mencuri waktu untuk memiliki waktu senggang.

2. Kebersamaan

Ilustrasi kebersamaan (Pixabay)

Uang memang bisa membeli coklat mahal yang meleleh di dalam mulut. Namun, apa gunanya bila kamu hanya bisa menikmatinya seorang diri tanpa teman ngobrol? Kebersamaan bersama keluarga juga menjadi salah satu kebahagiaan yang nggak bisa dibeli dengan uang, apalagi banyak teman atau saudara kita yang nggak bisa berkumpul dengan keluarga karena kesibukan, atau keluarganya sudah meninggal.

3. Cinta

Ilustrasi cinta (Pixabay)

Sebanyak apapun uang yang kamu miliki nggak bisa membeli cinta dan ketulusan orang di sekelilingmu. Bila selama ini kamu berpikir teman dan pasangan senang dengan berbagai kado dan hadiah yang mahal yang kamu berikan, bisa jadi mereka hanya memanfaatkanmu. Ketulusan nyatanya nggak diukur dari harga. Mereka yang mencintaimu apa adanya akan tetap menghargai kado yang mungkin saja kamu buat sendiri tanpa modal.

4. Bakat

Ilustrasi bakat (Pxhere)

Meski dapat diasah, nyatanya bakat bisa muncul dalam diri seseorang sejak lahir tanpa perlu bersusah payah mempelajarinya. Meski begitu, kamu tetap perlu mengembangkannya untuk menjadi seorang expert di bidangnya. Itu sebabnya orang yang sudah mengenal diri dan bakatnya dengan baik bisa menciptakan kebahagiannya sendiri tanpa membelinya.

5. Kepercayaan

Ilustrasi kepercayaan (Pixabay)

Sama seperti ketulusan, nyatanya bukan hal yang mudah untuk menjaga kepercayaan seseorang. Sekali dibohongi, kamu tentu akan sulit untuk memaafkan orang tersebut meski sudah menghujanimu dengan berbagai barang sebagai permohonan maaf. Nyatanya kepercayaan dari orang di sekelilingmu justru bisa menjadi sumber kebahagiaan yangg nggak ternilai.

Bahagia itu sederhana. Kata-kata itulah yang sering kita dengar, dan hal itu benar adanya. Nggak semuanya bisa diukur dengan uang. Dengan memiliki keluarga saja, sudah termasuk kebahagiaan yang nggak ternilai. (tom)