Gundala (Duniaku)

Bicara tentang film superhero, pastinya nama-nama superhero buatan Marvel seperti Captain America atau buatan DC seperti Superman atau Batman yang bakal muncul di pikiran. Sepertinya, Indonesia juga nggak mau kalah dengan Marvel atau DC, karena baru saja diumumkan bahwa Gundala, superhero asli Indonesia, bakal dibuatkan film layar lebarnya.

Film dengan judul “Gundala” ini sepertinya akan menarik dan sukses, karena film ini digarap oleh Joko Anwar. Seperti diketahui, Joko Anwar telah mengarahkan beberapa film sukses, contohnya “Janji Joni”, atau “Pengabdi Setan” yang ramai belum lama ini.

Semua berawal pada akun Instagram Joko Anwar, di mana terdapat satu foto dengan gambar sebuah sayap besi yang diberi caption “Selamat siang, teman-teman.” Kemunculan foto itu tentunya membuat netizen bertanya-tanya film apalagi yang akan dibuat Joko Anwar. Banyak yang beranggapan kalau foto itu merupakan teaser dari film “Gundala Putra Petir”.

Teaser Gundala (Instagram)

Setelah postingan itu, hari Rabu kemarin, Joko Anwar kembali mengunggah poster film “Gundala”, yang sekaligus mengkonfirmasi film “Gundala” resmi digarap olehnya. Hal itu juga membenarkan dugaan netizen mengenai teaser sayap besi sebelumnya.

Melalui fitur Live di Instagram, Joko yang tengah melangsungkan konferensi pers menyampaikan sejumlah rincian terkait film yang berada di bawah naungan rumah produksi Screenplay Films dan Bumilangit Studios.

“Latarnya akan memakai tempat di Jakarta, tapi tetap dengan semangat dan jiwa masih ‘Gundala Putra Petir’ yang sama seperti komiknya,” katanya.

Poster Gundala (Twitter)

Dalam komiknya, Hasmi mengambil latar tempat di Yogyakarta dan kearifan Indonesia pada alur cerita “Gundala”. Joko lantas mengungkapkan bahwa untuk penggarapan film ini masih dibutuhkan pengembangan, terutama dalam hal sensibilitas agar lebih dekat dengan masyarakat masa kini.

Dia pun menyatakan film “Gundala” buatannya nanti merupakan bentuk dari pembangunan atau rekonstruksi ulang cerita. “Kalau pakai latar komik sudah tidak up to date, jadi dikasih yang saat ini [kekinian],” katanya.

Lebih lanjut, Joko turut mengungkapkan alasannya menggarap film bertema jagoan atau pendekar ini. Baginya, karakter Gundala merupakan bagian dari masa kecil yang juga membuatnya ingin menjadi sutradara.

“Ini sebenarnya salah satu hal yang saya tunggu-tunggu sejak lama, waktu kecil saya tumbuh dengan komik ‘Gundala’. Lalu berdoa supaya memfilmkan ‘Gundala’, hamdalah ada kesempatan,” tuturnya.

Gundala (Twitter)

Sayangnya, Joko mengaku belum dapat mengumumkan para pemain yang akan terlibat di film “Gundala”. Menurutnya, ia masih dalam tahap finalisasi menentukan pemain. Namun, ia memperkirakan film yang masih dalam tahap pengembangan cerita ini direncanakan akan mulai syuting pada September hingga Oktober 2018. Itu artinya film “Gundala” masih belum bisa kita saksikan tahun 2018 ini.

Buat kamu yang nggak tahu, “Gundala Putra Petir” adalah komik superhero asli Indonesia yang bercerita tentang Gundala. Banyak yang berasumsi kalau Gundala merupakan The Flash versi Indonesia, karena mulai dari kostum sampai kekuatan hampir mirip.

Kita nantikan saja kabar berikutnya dari film superhero Indonesia ini. Semoga saja bisa sekeren film-film Marvel atau DC. (tom)