Bukit Annora (Instagram)

Kabupaten Jepara merupakan daerah asal R.A. Kartini yang terletak di pesisir pantai utara Jawa Tengah. Jepara menawarkan berbagai macam destinasi wisata alam yang memukau dan bikin kamu betah berlama-lama di sana. Contohnya seperti 5 destinasi wisata berikut ini.

1. Hutan Sreni Nalumsari

Hutan Sreni Nalumsari (Instagram)

Terletak di Desa Bategede, Kecamatan Nalumsari, Kabupaten Jepara, Wana Wisata Serni Indah merupakan hutan lindung yang berada di kaki Gunung Muria dan dikelola oleh Perhutani. Di sini, kamu bisa menikmati pemandangan jajaran pohon pinus dengan udara yang segar khas pegunungan. Kamu bisa berjalan santai, trekking, atau melakukan pendakian menuju lereng Gunung Muria.

2. Bukit Annora, Karimunjawa

Bukit Annora (Instagram)

Pemandangan menakjubkan ini bisa dilihat di Bukit Annora. Sesuai namanya, bukit ini berada di Pantai Annora. Pantai Annora sendiri terletak di Dusun Cikmas, Pulau Karimunjawa, Kepulauan Karimunjawa. Istimewanya lagi, selain menawarkan ayunan dan gazebo dengan pemandangan keren. Bukit Annora terletak nggak jauh dari Hutan Mangrove Karimunjawa.

3. Gua Tritip

Gua Tritip (Instagram)

Gua Tritip dulunya merupakan tempat bertapa seorang tetua bernama Mbah Joyo Kusumo. Di gua ini, kamu bisa menemukan sisa-sisa perahu kayu yang sudah berumur yang diperkirakan dulunya menjadi tempat semedi Mbah Joyo Kusumo. Nggak cuma itu, kamu juga bakal disuguhi bebatuan yang memukau.

4. Gardu Pandang Puncak Jehan, Desa Kunir

Gardu Pandang Puncak Jehan (Instagram)

Gardu Pandang Kunir Keling merupakan satu spot yang pas buat menikmati pemandangan perbukitan dari ketinggian di Kabupaten Jepara. Dari atas, kamu bisa melihat pemandangan hijau yang memanjakan mata, sekaligus menghirup udara segar khas pegunungan. Cocok juga untuk menghindari dari hiruk pikuk perkotaan.

5. Bukit Ragas

Bukit Ragas (Instagram)

Bukit Ragas dulunya merupakan tambang batu kapur. Namun kini tersebut menjadi tempat wisata favorit dengan keindahan danau yang airnya berwarna hijau kebiruan. Selain danau, kamu juga akan dibuat terkesima dengan keindahan batu-batu kapur yang ada di sekelilingnya.

Jika kamu tinggal di Jepara, liburan kamu belum lengkap jika belum mengunjungi 5 tempat di atas. (tom)