Kampus bisnis (Fotojet)

Setiap orang memiliki minatnya sendiri dalam mengambil jurusan kuliah, demi bisa mewujudkan mimpi dan cita-citanya. Ada yang ambil jurusan IT untuk menjadi seorang programmer, atau ada juga yang mengambil jurusan Bahasa Jepang agar bisa dapat pekerjaan di Jepang. Nah, buat kamu yang ingin menjadi pebisnis muda, kamu bisa kuliah di kampus-kampus berikut ini.

1. Sekolah Bisnis dan Manajemen Intitut Teknologi Bandung (ITB)

Gedung SBM ITB (Zenius)

Di kampus ini kamu bakal benar-benar dibimbing untuk memiliki dan mengembangkan bisnis. Terdapat pula sistem mentoring yang bikin wawasan serta kepercayaan diri soal dunia bisnis meningkat. Di sini juga kamu akan mendapat program 3 tahun. Tahun pertama kamu akan mendapat beragam kegiatan pengenalan dan orientas soal program studi. Lalu, ada praktik dan kunjungan lapangan juga di pedesaan dan melakukan survei tiga hari. Nggak cuma itu, kamu juga akan belajar komunikasi dan diskusi, kemampuan membaca dan menulis serta argumen dalam bahasa Inggris.

2. Universitas Prasetiya Mulya

Universitas Prasetiya Mulya (Prasmultourism)

Kampus ini jadi salah satu unggulan dalam pengajaran soal bisnis di Indonesia. Dalam School of Business and Economics jenjang Undergarduate Program, ada beberapa program yang ditawarkan. Contohnya Accounting, Branding, Business, Business Economics, Event, Finance & Banking, Hospitality Business, dan International Business Law. Universitas Prasetiya Mulya memang sudah nggak diragukan lagi kualitasnya. Untuk jenjang studi sarjana dan pasca sarjana, kampusnya ada di BSD Serpong.

3. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (UI)

Gedung FEB UI (UI)

UI punya Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) yang sebelumnya dikenal dengan nama Fakultas Ekonomi (FE). Ada beberapa program studi di jenjang S1 yang bisa kamu pilh, seperti Ilmu Ekonomi, Akuntansi, Manajemen, Ilmu Ekonomi Islam, Bisnis Islam, sampai Kelas Khusus Internasional. Selain itu ada juga Ekstensi. Sama seperti SBM ITB, untuk masuk ke sini kamu harus mengikuti SNMPTN atau SBMPTN.

4. IPMI International Business School

IPMI (Wikimedia)

Di sini kamu akan mendapat banyak hal, contohnya pandangan global dan partisipasi serta pengalaman internasional dalam bisnis, penguasaan soal wirausaha sebagai profesional muda, dan menjadi orang yang siap untuk pekerjaan atau usaha pertama.  Nggak cuma itu, IPMI International Busniss School juga memberi kamu pengarahan soal hidup dan perencanaan karir ke depan serta pengalaman beragam dengan banyak klien.

5. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gajah Mada (UGM)

Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM (UGM)

Kamu bisa pilih beberapa program studi yang ada di fakultas ini, yaitu Akuntansi, Ilmu Ekonomi, atau Manajemen. Selain itu ada juga program Sarjana Internasional dengan tiga jurusan, yaitu Akuntansi, Ilmu Ekonomi, dan Manajemen (Bisnis). FEB UGM sendiri juga telah membangun jaringan dengan berbagai universitas di luar negeri, contohnya Belanda, Norwegia, Jerman, Jepang, Hawaii, Inggris, dan negara lainnya, yang bisa bantu kamu memaksimalkan potensi diri.

Jadi, kamu mau kuliah di mana nih? Semoga bisa menjadi pebisnis muda yang sukses ya. (tom)