Gunung Parang (Instagram)

Purwakarta merupakan salah satu kota yang terkenal sebagai kota budaya dan kota wisata di Jawa Barat. Kota yang berada di jalur Jakarta-Bandung ini memang bukanlah kota yang besar, tetapi perkembangannya sangat pesat. Purwakarta memiliki cukup banyak potensi wisata, baik wisata alam maupun wisata lainnya yang bisa kamu eksplor, contohnya seperti 5 destinasi wisata berikut ini.

1. Sate Maranggi Haji Yetty

Sate Maranggi Haji Yetty (Instagram)

Jalan-jalan ke Purwakarta kurang pas kalau belum menjajal wisata kuliner yang sangat terkenal, yaitu Sate Maranggi Haji Yetty. Sesuai dengan namanya, menu utama di sini ialah sate maranggi, kamu bisa pilih sate sapi, ayam dan kambing. Selain menu sate marangginya yang terkenal, kamu juga wajib coba es kelapa mudanya yang paling laris.

2. Gunung Parang

Gunung Parang (Instagram)

Kalau kamu mau coba wisata yang ekstrem, datanglah ke Kawasan Wisata Gunung Parang yang terkenal dengan kegiatan panjat tebingnya. Menurut para pemanjat tebing, Gunung Parang ini yang terbesar kedua se-Asia. Gunung Parang memiliki ketinggian 963 mdpl dan diapit oleh Bendungan Jatiluhur dan Bendungan Cirata. Kamu bisa melakukan panjat tebing dengan teknik Badega Taraje Beusi, artinya kamu akan memanjat gunung dengan menggunakan tangga besi. Kegiatan ini cukup aman, karna kamu akan didampingi oleh seorang pemandu yang profesional.

3. Taman Sri Baduga Situ Buleud

Taman Sri Baduga (Instagram)

Wisata yang satu ini merupakan wisata yang tengah hits di Purwakarta. Taman Sri Baduga merupakan sebuah danau yang memiliki air mancur yang diberi sorotan lampu warna-warni. Air mancur ini akan “menari-nari” untuk menghibur pengunjung yang datang. Taman wisata ini berada tepat di jantung Kota Purwakarta.

4. Curug Cipurut

Curug Cipurut (Instagram)

Purwakarta juga memiliki wisata alam yang masih sangat alami, namanya Curug Cipurut. Curug Cipurut berada di dalam cagar alam Gunung Burangrang ini berjarak 30 km dari Kota Purwakarta. Curug yang memiliki ketinggian sekitar 20-30 meter ini sering juga digunakan oleh pengunjung untuk menghabiskan waktu berkemah.

5. Sentra Keramik Plered

Sentra Keramik Plered (Instagram)

Purwakarta juga terkenal dengan kerajinan keramik yang bahkan sudah sampai mancanegara. Tempat pengrajin keramik ini berada di Plered, Desa Anjun, Purwakarta. Di sini kamu bakal menemukan berbagai macam kerajinan tangan yang terbuat dari keramik, yang bisa kamu beli sebagai oleh-oleh.

Jika kamu kebetulan berada di Purwakarta untuk wisata, jangan lupa kunjungi 5 tempat di atas ya. (tom)