AADC (Marketeers)

Buat generasi 90-an, film “Ada Apa dengan Cinta?” mungkin jadi film paling dikenang sepanjang masa. Pasalnya, film tersebut menjadi awal kebangkitan film Indonesia di bioskop untuk menyaingi film-film Hollywood. Film tersebut juga memiliki adegan-adegan ikonik yang mungkin kamu ingat. Namun sadarkah kamu, jika ada adegan AADC yang kemudian dihadirkan ke sekuelnya namun dalam bentuk yang lain? Berikut ini adegan-adegannya.

1. Adegan dandan

Adegan dandan (YouTube)

Waktu Rangga ngajak Cinta pergi nonton kerabatnya yang manggung di sebuah kelab di Jakarta, adegan beralih ke Cinta yang sibuk mau pakai baju apa dan dandan menggunakan make up. Adegan serupa diulang lagi di film kedua (dengan diiringi lagu yang sama), yaitu ketika Cinta akhirnya memutuskan untuk setuju bertemu Rangga setelah sempat menolak ajakan “damai” di pameran seni Eko Nugroho malam sebelumnya.

2. Nonton di klub

Adegan nonton (YouTube)

Di kencan pertamanya dengan Rangga, Cinta diajak ke kelab dan nonton penampilan salah satu kerabat Rangga di sana. Lalu Cinta dipaksa untuk tampil di panggung kecil, diiringi dengan suara gitar akustik. Dia membawakan puisi Rangga yang dibuat lagu. Di film kedua, Rangga dan Cinta datang ke berbagai tempat di Yogyakarta untuk melepas rindu. Tapi adegan yang levelnya sama dengan nonton di klub seperti di film pertama adalah ketika Rangga mengajak Cinta menyaksikan Papermoon Puppet.

3. Ngobrol sambil jalan kaki

Adegan ngobrol (YouTube)

Sepulang kencan, Rangga seharusnya mengantar Cinta pulang naik taksi. Tapi karena nggak kunjung dapat, Cinta akhirnya mutusin buat pulang jalan kaki aja sama Rangga. Dan ketika itulah Cinta pelan-pelan berusaha untuk tahu lebih banyak soal hidup Rangga. Di film kedua banyak adegan jalan kaki juga yang diikuti dengan obrolan-obrolan serius. Seperti misalnya setelah adegan “yang kamu lakukan ke saya itu jahat”, Rangga dan Cinta kemudian jalan membelah gang demi gang di Yogyakarta.

4. Adegan ‘ya ampun!’

Adegan ya ampun (YouTube)

Di film kedua, setelah dari Ratu Boko dan mengobrol soal Pemilu, Rangga ngajakin Cinta makan di salah satu warung Sate Klathak. Saat itu tiba-tiba telepon Cinta berdering. Di situlah Cinta ingat kalau dia tadi janji mau menyusul teman-temannya ke lokasi makan malam. “Ya ampun!” katanya ketika ingat. Adegan ini mirip di film pertama. Waktu diajak ke Kwitang, Cinta juga lupa kalau dia sudah janji nonton konser PAS Band bersama geng-nya. Ketika sedang asyik lihat-lihat buku bekas, dia langsung teriak “Ya ampun!”

5. Rangga emosi ke Cinta

Adegan Rangga marah (YouTube)

Setelah insiden Alya, Cinta diharuskan memilih antara teman-teman atau Rangga. Dia memilih teman-temannya. Di lorong sekolah yang sepi Cinta dengan berberat hati harus ngomong ke Rangga kalau sebaiknya mereka nggak usah bertemu lagi. Ini adalah jelang klimaks dari film pertama. Di film kedua, adegan serupa juga ada lho. Yaitu ketika Rangga datang ke galeri Cinta dan mempertanyakan kemungkinan kesempatan kedua. Rangga berharap Cinta akan mengiyakan kemungkinan itu tapi ternyata nggak.

Itulah 5 adegan AADC yang kemudian juga ada di sekuelnya. Kamu sadar nggak? (tom)