Batam merupakan salah satu kota besar di Pulau Sumatera yang terkenal akan wisata belanjanya. Meskipun begitu, bukan berarti tempat ini hanya cocok dikunjungi oleh wisatawan dengan bujet liburan mahal. Bagi para backpacker dengan bujet terbatas, Batam masih memiliki pesona lain yang tidak kalah menarik dengan mal atau pusat perbelanjaan.

Nah, bagi Anda yang mendambakan liburan murah meriah ala backpacker di Batam, berikut merupakan beberapa hal yang harus dilakukan. Di antaranya,

1. Membawa barang seperlunya

Source : pixabay

Praktis dan efisien merupakan elemen utama dalam berwisata ala backpacker. Entah itu hitungan hari atau minggu, pastikan barang bawaan Anda tidak terlalu banyak dan membebani perjalanan. Bahkan kalau perlu, bawalah satu carrier besar yang mampu menampung beberapa setel pakaian, peralatan mandi, sedikit obat-obatan, dan barang penting lainnya.

2. Membuat rencana perjalanan

Untuk mencegah pembengkakan bujet, dibutuhkan rencana perjalanan yang tidak hanya matang tetapi juga terperinci. Bahkan kalau perlu, carilah informasi dari internet atau kerabat yang pernah mengunjungi Batam agar kita tahu berapa anggaran yang harus disiapkan.

3. Membeli tiket pesawat secara online

Source : kompas

Membeli tiket pulang atau pergi merupakan salah satu pos pengeluaran terbesar saat kita melakukan perjalanan. Untuk menghemat bujet liburan, pesanlah tiket melalui situs-situs traveling secara online. Karena jika beruntung, kita bisa mendapatkan harga promo atau diskon spesial.

Salah satu situs traveling yang recommended adalah Airy Rooms. Untuk mendapatkan harga yang lebih ramah kantong, pesanlah tiket pesawat dari jauh-jauh hari dengan mengakses https://www.airyrooms.com/tiket-pesawat melalui smartphone Android, Apple, gadget, PC, atau laptop.

4. Mengunjungi tempat wisata unik dan murah

Sebelum berangkat, pastikan pada rencana perjalanan Anda terdapat tempat-tempat wisata unik dan murah. Beberapa tempat yang bisa menjadi referensi adalah: Camp Vietnam, Pulau Galang Baru, Pantai Nongsa, Pantai Marina, dan Jembatan Barelang.

Agar tidak mengeluarkan biaya tambahan yang mencekik, pastikan Anda bertanya ke penduduk setempat tentang tempat wisata menarik sekaligus murah. Berbeda dengan informasi dari internet, warga lokal biasanya lebih tahu tempat-tempat wisata unik yang jarang dikunjungi orang tetapi bisa dijangkau dengan biaya yang lebih murah.

5. Menginap di hotel bujet

Source : viva

Untuk informasi lengkap tentang hotel murah dengan fasilitas memadai, Anda bisa mengakses situs Airy Rooms. Iya, selain bisa memesan tiket dengan harga menarik, di situs tersebut Anda juga bisa mencari hotel atau penginapan muran sesuai bujet tetapi memiliki fasilitas yang memadai. Menarik bukan?

6. Membawa bekal dari rumah

Untuk menghemat biaya hidup selama perjalanan, Anda bisa membawa makanan instan seperti abon, sarden atau mi. Sesekali Anda bisa menikmati kuliner khas Batam di warung makan yang sering dikunjungi warga setempat. Berbeda dengan tempat wisata kuliner yang terkenal di kalangan turis, rumah makan yang kerap dikunjungi penduduk lokal biasanya cenderung lebih murah, terjangkau, dan enak.

7. Menggunakan alat transportasi umum

Source : pixabay

Daripada menyewa mobil atau menggunakan taksi untuk menjelajahi kota Batam, lebih baik gunakan alat transportasi umum seperti angkot atau perahu. Selain lebih murah, menaiki transportasi umum akan membuat Anda lebih membaur dengan warga setempat sehingga mudah mendapatkan berbagai informasi menarik yang mungkin berguna selama perjalanan.

8. Hindari membeli barang di tempat-tempat wisata

Biasanya tempat-tempat wisata menyediakan souvenir atau merchandise khas dan dijual dengan harga yang cukup mahal. Jika ingin membeli oleh-oleh dengan harga murah, kunjungi pasar tradisional setempat atau pusat perbelanjaan yang populer di kalangan warga lokal.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa dilakukan agar wisata ala backpacker Anda di Batam tidak melebih bujet yang telah disiapkan. Melakukan backpacker sebenarnya tidak sulit kok karena disini kamu bisa mendapatkan tiket promo pesawat Lion Air ke Batam atau kota wisata lain tujuanmu. Jadi semoga bermanfaat dan selamat menjelajah ya! (jow)