Pantai Tureloto (Instagram)

Indonesia memang kaya akan pantai dan keindahan biota lautnya. Nggak jarang banyak turis mancanegara berbondong-bondong datang ke Indonesia untuk berwisata. Jika kita berbicara mengenai keindahan laut, mungkin kita akan memiliki pandangan akan indahnya panorama pantai di Lombok, Raja Ampat dan tempat lainnya di Indonesia bagian timur. Namun barangkali tempat wisata satu ini bisa jadi pilihan baru bagi kita untuk menikmati keindahan pantai dan lautnya.

Di bagian Indonesia Barat, tepatnya di Sumatera Utara ada pantai bernama Pantai Tureloto. Pantai ini kini menjadi salah satu tujuan wisata di Indonesia karena ke unikannya, yakni kita bisa mengapung tanpa takut tenggelam. Pantai yang terletak di Kecamatan Lahewa, Kabupaten Nias Utara ini seperti Laut Mati yang berada di Yordania. Kamu dapat berenang di air yang berwarna biru nan indah dikelilingi dengan panorama yang apik.

Pantai Tureloto (Instagram)

Alasan mengapa kita dapat mengapung di laut ini adalah karena kandungan garamnya yang cukup tinggi sehingga kita nggak perlu takut tenggelam, persis seperti Laut Mati. Sepasang wisatawan asal Jerman, Knutch dan Helga merasakan tingginya air garam dengan mencicipinya. “Air laut terasa hangat dari laut Baltik dan sangat jauh lebih hangat dari kutub utara, bahkan tak perlu berenang hanya dengan mengapungkan badan saja sudah cukup, dan akan terapung dengan sendirinya,” jelas Knutch, wisatawan asal Jerman, seperti dikutip dari Tribunnewscom, Rabu (11/44/2018).

Salah seorang warga setempat yang juga pemilik Tureloto Park juga menjelaskan akan keunikan pantai Tureloto ini. “Pantai di laut ini bisa di sebut Laut Mati karena kadar garamnya tinggi sekali, Di permukaan dapat melihat karang karang yang kasar. Namun bawah laut, kita dapat menikmati terumbu karang yang indah dengan biota karang yang banyak, dan saat ini sudah mulai banyak terumbu karang yang terlihat mulai tumbuh,” ungkapnya.

Pantai Tureloto (Instagram)

Di samping melakukan kegiatan air seperti snorkeling menikmati indahnya terumbu karang di pantai sembari terapung-apung di air laut yang tenang tanpa ombak yang tinggi dan membahayakan, wisatawan juga dapat menikmati keindahan hamparan karang yang tersebar di sepanjang garis pantai.

Menurut pendapat orang lokal yang tinggal di daerah ini, karang-karang ini muncul akibat gempa dasyat yang penah melanda pesisir Sumatera pada tahun 2005 lalu. Hamparan karang ini muncul ke permukaan sehingga membentuk benteng karang yang menghalau gelombang laut sehingga air laut tetap tenang. Hamparan karang yang juga bisa disebut benteng karang ini berada di bibir pantai.

Pantai Tureloto (Instagram)

Nilai lebih dari sebuah pantai tentunya adalah panorama matahari tenggelam yang menakjubkan. Pantai Tureloto yang berada di pesisir barat Sumatera membuat posisi pantai ini dimanjakan dengan keindahan matahari tenggelam kala sore hari tiba. Pengunjung dapat berjemur sembari menikmati indahnya warna langit ketika matahari sedang tenggelam perlahan.

Mau berenang tanpa khawatir tenggelam dan juga menikmati suasana yang indah? Pantai Tureloto ini bisa jadi pilihan yang pas untuk kamu. (tom)