Gua Hawang (Instagram)

Alam Indonesia menawarkan keindahan yang nggak ada habisnya. Lihat saja banyak wisata alam yang bisa kamu kunjungi, mulai dari pantai, gunung, hingga gua. Sebagai negara dengan wilayah perairan yang luas, Indonesia tentunya memiliki gua bawah laut yang nggak kalah eksotis dari gua yang populer di dunia. Contohnya seperti 5 gua berikut ini.

1. Gua Rangko, Labuan Bajo, NTB

Gua Rangko (Instagram)

Gua Rangko merupakan sebuah goa besar yang bagian dasarnya berisikan air laut yang biru nan jernih. Bagian atas goa pun dihiasi oleh ratusan stalaktit yang menambah kecantikan dari tempat wisata ini. Bisa dibilang Gua Rangko ini semacam Private Indoor Pool  yang terbentuk secara alami. Di dalam gua, kamu bisa berenang bebas. Untuk kamu yang memiliki nyali tinggi, bisa mencoba untuk memanjat dinding di ujung goa yang memiliki tinggi kurang lebih 8 meter, dari atas sana kamu bisa terjun bebas ke permukaan air.

2. Gua Hatu Kunita, Maluku

Gua Hatu Kunita (Instagram)

Gua ini terletak di dalam Tebing Hatupia, tepatnya di Desa Saleman, Pulau Seram, Maluku Tengah. Di dalam gua tebing ini kita dapat berenang dan berfoto dengan air laut yang berwarna biru terang. Nama Hatu Kunita ini berarti Batu Gurita. Mungkin saja di gua ini ada gurita yang hidup, sehingga penduduk menamai gua ini dengan Hatu Kunita.

3. Gua Hawang, Kei Kecil, Maluku

Gua Hawang (Instagram)

Gua ini bukan sembarang gua, karena di bagian dasar terdapat perairan yang begitu bening dan berwarna kebiruan. Hanya dengan melihat saja kamu sudah merasakan kesegarannya, apalagi kalau bisa nyebur. Terdapat dua lubang yang terpisah sejauh 15 meter namun terhubung satu sama lain dengan kolam air. Kamu bisa menyelam dari satu lubang kemudian muncul di lubang yang lain.

4. Gaji Haji Mangku, Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

Gua Haji Mangku (Instagram)

Lokasi gua ini berada di tengah-tengah hutan yang dikelilingi oleh pepohonan rimbun. Sesampainya di lokasi setelah kurang lebih 10 menit berjalan melewati pepohonan rindang, kemudian tengoklah ke sisi bawah. Kamu akan disambut oleh bibir gua yang membentuk seperti kolam alami memanjang dengan airnya yang jernih berwarna kebiru-biruan.

5. Gua Wundi, Biak

Gua Wundi (Instagram)

Gua ini terdapat di sebelah selatan pulau Wundi. Di kedalaman 2 meter, gua ini terlihat dengan jelas. Mulut gua berdiameter 6 meter, dan di bagian atas terdapat karang-karang meja (Table Coral). Memasuki mulut gua di kedalaman 15 meter, kamu bisa lihat sebuah lubang bergaris tengah kira-kira 2 meter. Di dinding gua ditumbuhi karang kipas merah (deep water gorgonia).

Ingin snorkeling atau diving? Datang saja ke 5 gua di atas. (tom)