Gili Lawa Darat (Instagram)

Taman Nasional Komodo makin mendunia setelah resmi menjadi salah satu dari tujuh keajaiban alam dunia. Objek wisata yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara ini mengagumkan mulai dari pintu masuknya, yaitu Gili Lawa Darat.

Letak pulau Gili Lawa Darat sendiri berada di sebelah utara Pulau Komodo dan termasuk dalam satu pulau yang ada di Taman Nasional Komodo sejak tahun 1980. Menariknya lagi, hamparan laut serta gugusan pulau kecil menjadi pemandangan eksotis yang tersaji dalam satu paket.

Gili Lawa Darat (Instagram)

Sebagai salah satu pulau yang melindungi habitat spesial kadal terbesar di dunia, Gili Lawa Darat nggak jauh beda dengan pulau lain seperti Rinca, Padar serta Komodo. Hampir seluruh pulau ditumbuh rerumputan yang hijau saat musim hujan dan menguning di musim kemarau. Hamparan savana inilah yang menjadi daya tarik wisatawan untuk betah di sini. Nah, jika ingin mendapatkan panorama eksotis lebih lengkap, kamu bisa melakukan trekking selama 30 menit ke puncak pulau.

Sesampainya di puncak, segala rasa letih akan terbayar dengan suguhan pemandangan yang begitu menakjubkan. Bukit-bukit yang eksotis, hamparan rumput yang menguning, birunya langit dengan gradasi laut mulai dari biru muda hingga biru tua menjadi satu kombinasi lukisan keindahan Sang Maha Pencipta.

Gili Lawa Darat (Instagram)

Salah satu waktu paling tepat untuk berkunjung ke sini adalah sebelum matahari terbit. Karena sunriseĀ di pulau ini benar-benar luar biasa indahnya. Bahkan jika beruntung, kamu dapat melihat keindahan mentari serta bulan di waktu yang sama. Belum lagi dengan permukaan laut yang membuat tempat ini makin romantis. Nah, kamu yang berniat utarakan cinta, bawa saja orang tersayangmu ke sini.

Nggak hanya aktivitas trekking saja, bagi yang nggak ingin bersusah payah menaiki perbukitan juga dapat menikmati keindahan Gili Lawa Darat dengan mencoba aktivitas air seperti berenang, snorkeling ataupun diving. Gili Lawa Darat juga menyuguhkan keindahan bawah lautnya yaitu terumbu karang dan biota lautnya yang mampu menghipnotis para pecinta bawah laut.

Gili Lawa Darat (Instagram)

Rute menuju ke Gili Lawadarat memang ada dua, bisa lewat Lombok atau Flores. Untuk menghemat waktu, ada baiknya menggunakan rute Flores, karena salah satu bandara di sini cukup dekat dengan Laboan Bajo.

Jadi, jika kamu ingin berkunjung ke Pulau Komodo, jangan lupa untuk mampir ke Gili Lawa Darat. Dijamin kamu akan terkagum-kagum dibuatnya. (tom)