Ilustrasi selfie (Pxhere)

Zaman sekarang, setiap ada gadget atau smartphone baru yang rilis ke pasaran, pastinya sudah dilengkapi dengan kamera depan untuk selfie. Bahkan ada juga smartphone yang dikhususkan untuk penggemar selfie. Padahal, awalnya kamera depan itu diciptakan bukan untuk selfie atau berfoto-foto.

Seperti dilansir The Sun, Kamis (19/4/2018), kamera depan yang pertama kali dikenalkan kepada publik adalah kamera pada ponsel Sony Ericsson Z1010. Berbeda dengan kamera depan sekarang ini, kamera depan di ponsel ini memiliki kekuatan yang masih rendah yaitu hanya 0,3 pixel atau biasa disebut dengan istilah kamera VGA.

Sony Ericsson Z1010 (Itmedia)

Kekuatan yang sangat kecil itu jelas nggak memungkinkan untuk selfie. Hal itu dikarenakan kamera itu dibuat bukan untuk foto-foto, melainkan untuk kepentingan yang berhubungan dengan bisnis seperti konferensi atau rapat. Fitur kamera depan juga bisa digunakan oleh pengguna untuk bertatap muka dengan rekan bisnis mereka. Dengan kata lain, kamera depan itu awalnya diciptakan untuk pekerja kantoran yang sering rapat, namun terkendala hadir di rapat.

Seiring perkembangan zaman, kamera depan pun mulai beralih fungsi jadi untuk foto-foto. Bahkan saat pertama kali demam selfie melanda pada tahun 2014, ada laporan dari Google yang memperkirakan ada sekitar 93 juta selfie yang diambil setiap harinya.

Selfie (Pixabay)

Di sisi lain, adanya kamera selfie juga membuat platform media sosial seperti Instagram, Twitter, Snapchat dan Facebook mulai bermunculan satu persatu. Instagram dan Snapchat sendiri dikenal sebagai media sosial yang menyediakan berbagai macam filter untuk kamera depan.

Selain untuk selfie, perubahan fungsi kamera depan pun semakin menarik. Sebut saja iPhone X yang membekali kamera depannya dengan teknologi TrueDepth untuk fungsi Face ID dan juga animoji, atau Vivo V7 yang juga menggunakan kamera depan untuk Face Access.

Jelas bahwa kamera depan di smartphone saat ini sudah memiliki banyak fungsi, bukan lagi hanya untuk teleconference atau selfie semata. Jadi, kamu lebih sering pake kamera depan untuk apa? (tom)