Musisi Indonesia (Instagram)

Kamu pasti pernah melihat orang mengcover lagu dan menguploadnya ke YouTube, atau bahkan kamu melakukannya sendiri. Beberapa dari mereka hanya iseng untuk menyalurkan hobi, dan ada juga yang memang serius untuk berkarir di musik. Berawal dari video cover musisi lain, mereka pun kini memiliki lagu original alias lagu sendiri, yang tentunya nggak kalah kece dan berkualitas. Berikut ini 5 musisi yang awalnya musisi cover lalu berkembang punya lagu sendiri.

1. Hanggini Purinda

Hanggini, atau yang akrab disapa Jeha ini sebelumnya dikenal sebagai YouTuber yang mengunggah berbagai macam konten, termasuk cover lagu. Kini, nggak cuma cover lagu saja yang dia buat videonya, karena dia sudah mulai memproduksi sendiri lagunya yang berjudul “Lebih Darinya”, bahkan dia juga sudah membuat video liriknya. Lagu itu bercerita tentang keraguan seseorang pada kekasihnya.

2. Salshabilla Adriani

Salshabilla terkenal karena wajahnya yang cantik, dan juga piawai membawakan lagu musisi lain dalam video covernya. Setelah membuat beberapa video cover, dia pun memiliki beberapa lagu originalnya, seperti “Malaikat Baik”, “Cerita Kita” dan yang terbaru “Jangan Pergi”.

3. Alya Nur Zurayya

Alya Nur Zurayya adalah salah satu kreator video YouTube Indonesia yang hobi mengcover berbagai genre musik, contohnya lagu “Beauty and the Beast” dan “I Still Love You” dari The Overtunes. Suaranya yang khas membuat setiap lagu yang dia bawakan menjadi berbeda. Alya pun kini jadi musisi yang punya lagu sendiri, yaitu “Embun”.

4. Andri Guitara

Sesuai namanya, Andri adalah musisi yang sering memainkan cover gitar dari lagu-lagu terkenal seperti “Ruang Sendiri” milik Tulus atau “Untuk Apa” milik Maudy Ayunda. Dalam tiap video covernya, dia biasanya berkolaborasi dengan penyanyi lainnya. Untuk lagu originalnya, Andri punya lagu “Tanpamu” bersama Ima, dan “Rinduku” bersama Bintan.

5. Hanin Dhiya

Cewek berumur 16 tahun ini merupakan Runner Up ajang pencarian bakat. Meski jarang melihatnya di TV, kita bisa menikmati karya cover song hits-nya di YouTube. Salah satu yang paling terkenal adalah cover lagu “Akad” milik Payung Teduh. Kini, dia pun ‘move on’ dari musisi cover, jadi musisi profesional dengan merilis beberapa lagu, yang kemudian dijadikan satu album bertajuk “Cerita Hanin Dhiya”. Album itu rilis pada 30 Maret lalu.

Buat kamu yang kini masih jadi musisi cover, bisa mengikuti jejak mereka untuk mulai memproduksi lagu sendiri agar bisa tetap eksis dalam jalur musik. (tom)