Tiara Alincia Fitri (Instagram)

Pekerjaan masinis biasanya identik dengan cowok. Namun, ada yang menarik di Depo kereta Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta di Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Bukannya cowok, masinis MRT tersebut adalah seorang cewek cantik dan berhijab bernama Tiara.

Tiara, yang bernama lengkap Tiara Alincia Fitri, menyatakan sebelum bekerja jadi masinis di MRT Jakarta sudah pernah mengoperasikan kereta di Malaysia. Hal itu dikarenakan dia juga melakukan pendidikan latihan di Malaysia.

Tiara Alincia Fitri (Instagram)

“Benar-benar bawa dengan penumpang yang banyak. Peak hour dan off peak hour juga bawa penumpang Malaysia. Kita didampingin asistennya di sana, tapi kita yang pegang handle,” ujar Tiara menceritakan pengalamannya, seperti dikutip dari Tribunnewscom, Jumat (02/4/2018).

Setelah pendidikan latihan di Malaysia, cewek cantik berusia 21 tahun ini menempuh pendidikan di Akademi Perkeretaapian Indonesia. Menariknya, Tiara bercerita bahwa dirinya awalnya nggak memiliki cita-cita untuk menjadi masinis dan sebelumnya dia memasuki industri perkeretaapian sebagai passenger service.

Tiara Alincia Fitri (Instagram)

“Awalnya saya jadi passenger service. Seperti yang melayani penumpang. Terus saya dipercaya jadi masinis. Sebelumnya saya nggak mendaftar sama sekali,” tutur Tiara. “Saya juga nggak pernah berpikir ingin jadi masinis, apalagi kami ini menjadi kesempatan pertama menjadi masinis (MRT) pertama di Indonesia karena sebelumnya belum ada,” sambungnya.

Namun karena dorongan dari orang sekelilingnya, Tiara pun membulatkan tekadnya untuk menjadi masinis perempuan pertama di Indonesia. “Alhamdulillah jadi masinis (MRT) wanita pertama yang ada di Indonesia. Karena sebelumnya yang di KRL belum ada masinis wanitanya. Dan ini juga menjadi kesempatan emas buat kita bisa turut mengubah Jakarta dengan Kereta MRT Jakarta ini,” ungkap Tiara.

Tiara Alincia Fitri (Instagram)

Tiara yang berasal dari Jawa Tengah ini nantinya akan mulai pekerjaan perdananya pada bulan Maret 2019. Jika kamu mau lebih sering bertemu dengan Tiara, sebaiknya dibiasakan untuk naik kereta dibandingkan kendaraan pribadi. (tom)