Air Terjun Nglirip (Instagram)

Kabupaten Tuban merupakan wilayah di Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Rembang, Jawa Tengah. Meski Tuban lebih dikenal sebagai wilayah industri, ternyata tempat ini menyimpan berbagai macam destinasi wisata kece yang tersembunyi. Di mana saja itu? Berikut 5 lokasi wisata tersembunyi di Tuban.

1. Rumah Pohon TPK Jatirogo

Rumah Pohon TPK Jatirogo (Instagram)

Aslinya tempat ini bernama Discovery of Forest Perhutani KPH Kebonharjo, namun oleh warga sekitar sering disebut Rumah Pohon TPK Jatirogo. Sesuai namanya, terdapat rumah pohon di kawasan hutan milik Perhutani ini. Selain rumah pohon, ada juga saung atau gubuk kecil yang diperuntukkan sebagai tempat singgah para pengunjung. Kamu juga bisa berkeliling lokasi dengan menaiki mobil ATV ditemani hawa sejuk khas hutan.

2. Bukit Trantang

Bukit Trantang (Instagram)

Buat yang suka olahraga ekstrem wajib datang ke sini. Lokasi ini merupakan kawasan perbukitan kapur cadas yang berada di Desa Trantang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Bukit Trantang kini dimanfaatkan sebagai tempat berlatih atlet paralayang dari Tuban dan sekitarnya. Di bukit ini kamu bisa menikmati keindahan Tuban dari ketinggian 650 hingga 1.100 meter di atas permukaan laut.

3. Goa Putri Asih

Goa Putri Asih (Instagram)

Karena banyaknya gua yang ada di Tuban, maka Kabupaten Tuban dijuluki sebagai Kota Seribu Goa. Salah satu gua yang bisa kamu kunjungi adalah Goa Putri Asih. Di dalam Goa Putri Asih, kamu bisa melihat eksotisnya stalagtit dan stalagmit, yang bikin kamu terpukau. Cocok juga buat kamu yang suka hunting foto keren.

4. Air Terjun Nglirip

Air Terjun Nglirip (Instagram)

Air Terjun Nglirip merupakan satu-satunya obyek wisata air terjun di Tuban. Air terjun yang juga sering disebut Grojogan Nglirip ini memiliki warna air kehijauan dengan kolam seluas 28 meter persegi di bawahnya. Nggak cuma main air, kamu juga bisa foto-foto di sini, untuk memperindah akun Instagram kamu.

5. Pantai Cemara

Pantai Cemara (Instagram)

Tempat ini jadi satu kawasan dengan penangkaran pohon bakau. Suasana yang tenang dan asri ditambah dengan debur ombak dan pasir pantai yang lembut bakal membuat kamu betah di sini. Pantai Cemara ini jadi lokasi favorit untuk beach camp mau pun kegiatan outdoor.

Jadi, dari kelima tempat di atas, mana yang paling menarik perhatian kamu? (tom)