Thanos (boundingintocomics)

Saat ini karakter Thanos telah menjadi sorotan utama dalam film “Avengers: Infinity War”, setelah lama ‘bersembunyi’ dalam dua film Avengers sebelumnya di Marvel Cinematic Universe. Thanos dalam film tersebut diperlihatkan sangat kuat, sehingga para Avengers pun kesulitan mengalahkannya. Namun, ternyata dalam versi komik, ada momen antagonis yang dijuluki Mad Titan itu mengalami kematian, dan dibangkitkan lagi. Berikut ini momen-momennya.

1. Thanos jadi batu

Thanos jadi batu (Chasingamazingblog)

Salah satu kematian Thanos yang paling terkenal adalah ketika sang Mad Titan berhasil diubah menjadi batu oleh Adam Warlock. Kekalahan Thanos bermula ketika Spider-Man menggunakan Soul Stone untuk membangkitkan arwah Adam Warlock yang sempat terkurung. Setelah kemunculannya tersebut, Adam Warlock lalu menyerang Thanos dan mengubahnya menjadi batu. Thanos lalu dibangkitkan lagi oleh Mistress Death yang merasakan ketidakseimbangan antara hidup dan mati. Mistress Death kemudian memberi tugas kepada Thanos untuk melenyapkan setengah populasi di alam semesta.

2. Heart of the Universe

Thanos pakai Heart of the Universe (Namu)

Kematian kedua Thanos terjadi ketika ia menggunakan kekuatan Heart of the Universe. Saat itu Thanos menghisap seluruh alam semesta dan kemudian menciptakannya lagi. Namun hal tersebut mengakibatkan Heart musnah dan Thanos sendiri ikut musnah bersamanya. Kematian Thanos yang disebabkan Heart of the Universe ini tidaklah permanen, sehingga Thanos masih bisa hidup lagi. Thanos memang dikenal sebagai immortal alias abadi.

3. Dibunuh Drax

Drax bunuh Thanos (Marveldc)

Drax merupakan salah satu tokoh “Guardians of the Galaxy”. Drax memang punya dendam pada Thanos karena telah menyuruh Ronan the Accuser untuk membunuh anak dan istrinya. Dalam versi komiknya, setelah Thanos telah mengkhianati Annihilus, ia berusaha membebaskan Galactus dan meminta bantuannya untuk mengalahkan Annihilus. Thanos menggunakan semua energinya dan mencoba membebaskan Galactus, tapi secara mengejutkan Drax tiba-tiba muncul dan langsung mencabut jantung Thos. Sayangnya Thanos kembali hidup berkat Death.

4. Bunuh diri

Thanos mati (Comicvine)

Kejadian ini terjadi saat Thanos melawan Annihilus. Annihilus memiliki kekuatan super dan tubuhnya sulit dilukai. Dengan kekuatannya tersebut, Thanos bahkan bukan lawan yang sulit bagi Annihilus. Dalam sebuah pertarungan antara Thanos dan Annihilus, Thanos harus terbuang ke Teleportional Limbo. Di tempat tersebut, Thanos nggak bisa keluar dan akhirnya ia sadar bahwa kematian adalah jalan satu-satunya dari tempat tersebut. Hingga akhirnya Thanos memutuskan untuk menghancurkan kepalanya sendiri dan tewas seketika di Teleportional Limbo. Tetap saja, Thanos akhirnya kembali hidup dan terlepas dari tempat tersebut.

5. Dibunuh God Doom

God Doom bunuh Thanos (Comicnewbies)

Dikisahkan bahwa Thanos menantang God Doom di Battleworld. Merasa diremehkan, God Doom akhirnya menyutujui tantangan tersebut dan dengan kekuatan Bangsa Beyonder yang dimilikinya Doom berhasil membunuh Thanos dengan mencabut kerangkanya. Ketika multiverse Marvel diciptakan kembali oleh Reed Richards, Franklin Richards dan Molecule Man, Thanos pun ikut tercipta kembali walau berada dalam kehampaan di luar multiverse.

Terbukti, Thanos masih bisa dikalahkan meski kekuatannya sangat dahsyat. Hanya saja, yang masih perlu dicari caranya adalah bagaimana memusnahkan Thanos sehingga dia nggak bisa hidup lagi. Mungkin nanti jawabannya bakal dibuat oleh Marvel. (tom)