Pernah nggak sih kamu tiba-tiba jadi pelupa kayak nenek-nenek di atas 70 tahun, padahal usiamu  baru tujuh belas? Terus, kamu jadi ngerasa susah banget kalau disuruh mikir? Belajar sampe berjam-jam nggak ada yang nyantol sama sekali?Sampe ada yang bilang ke kamu â??Ya ampuunâ?¦ muka Lo masih kayak Afika tapi kok ingatan Lo udah kayak mbah buyut gue??â? atau gini â??Kamu tuh cantik deh! Tapi kok lama banget sih koneknya?â? nah loh? Paradoks banget kan?

Ada beberapa hal yang bikin kamu jadi pikun dadakan tanpa kamu sadari. Di saat wajah kamu belum kisut, masih so kiyut bin imut-imut, tapi ingatan kamu udah persis mbah buyut, alias pikun! Apa aja sih? Cekidot yuk guys! â??n besok-besok jangan lakuin ini lagi yah?

1. Jadi Puteri Tidur dan Raja Ronda

Tidur terlalu banyak, misal aja pulang sekolah, sekitar jam dua siang kamu langsung tidur, habis itu bangun pas udah mau adzan maghrib, malemnya baru jam delapan kamu udah berangkat tidur, dan baru bangun jam enam pagi (itupun gara-gara disiram kuah sayur sisa lauk semalem sama mami, hiii). Coba deh, dijumlah tidur kamu dalam sehari itu ada berapa jam? Lebih dari 13 jam!! Berarti lebih dari separo hidup cuma kamu habiskan buat tidur! Hal ini ngebuat sebagian syaraf-syaraf di otak jadi ikut-ikutan tidur , imbasnya bikin kamu sulit konsentrasi (kebanyakan tidur, pas bangun kamu jadi susah banget ngumpulin nyawa. Butuh waktu beberapa saat buat mengingat-ingat kembali kejadian sebelum tidur, habis itu, kamu jadi males mikir, mikir dikit langsung ngantuk, terus tidur lagi deh! )

Gara-gara otak keseringan istirahat, kerjanya jadi nggak maksimal dan sulit mengingat, tapi itu nggak berarti kalau kamu sedikit tidur, bisa bikin daya ingat kamu semakin kuat dan bebas pikun. Enggak guys! Begadang sampe pagi, ngebiarin mata merah, wajah pucet kayak vampir, tidur cuma sejam dua jam dalam sehari ngebuat tubuh dan otak kita krisis energi.  Tubuh dan otak juga butuh istirahat, kalau enggak akibatnya kinerja otak juga menurun. Saat lelah, kita bakalan susah mikir, apalagi mengingat sesuatu. Kalau diterusin, alamat pikun euy!

Idealnya, tidur itu antara 6- 8 jam, nggak kebanyakan juga nggak kurang, biar seimbang.

2. Tukang Makan dan Diet Ketat

Mentang-mentang punya cita-cita jadi chief bertaraf internasional, terus makannya lepas kontrol, semua makanan dicobain, nggak peduli sama kolestrol-kolestrol, lemak, dan zat-zat jahat laen yang bersembunyi di balik makanan lezat, terus porsinya juga gila-gilaan kayak orang seminggu nggak makan, hal ini ternyata menghambat kerja otak lhoh guys! Kita jadi gampang lupa, karena tubuh selalu sibuk buat mencerna makanan yang nggak beraturan tadi, dan sebaliknya, orang yang diet habis-habisan demi mendapatkan tubuh setipis triplek, dia juga terkena resiko pikun dini. Bayangin aja, yang namanya diet ketat, pasti asupan gizi dan makanannya kurang, otomatis laper terus kan? Saat laper dan nggak punya energi gitu, orang jadi ogah mikir, boro-boro mau mengingat, cuma mau berdiriin kepala aja susah?

3. Sering Bengong

Ini mendidik kamu jadi susah realistis. Maunya hidup tuh kayak ngimpiii mulu. Tiap hari kerjaannya bayangin yang indah-indah tapi nggak mau usaha. Emang sih, nggak ada salahnya punya sejuta mimpi, tapi jangan sampe bikin kamu pikun, karena kamu terus asyik berkelana sendiri sama mimpi-mimpi kosong yang nggak berusaha kamu wujudin, sehingga kamu jadi lupa kalau kamu punya â??the real lifeâ?

4. Kelewat Cinta Sama Pacar

Punya pacar secakep Edward Cullen atawa secantik Jang Nara? Hingga bikin kamu nggak rela sedetikpun terlewat buat memikirkannya, membayangkannya, smsin, teleponin dsb? Senyumnya yang kayak iklan pasta gigi, matanya yang kayak lampu neon 100 watt, face nya yang kiyut kayak bintang iklan popok bayi, terus gokilnya yang ngalahin Sule, semakin bikin kamu jadi persis orang gila, senyum-senyum sendiri, sambil pasang tampang badut â??pipi merah kayak tomat, bibir senyum lebar kayak kue kebab- saking senengnya. Hm, sah-sah aja sih guys cinta sama pacar kamu, orang namanya juga pacar kan? Tapiâ?¦ kita hidup tuh nggak cuma buat mencintai pacar, banyak hal lain yang juga musti kita perhatiin, jangan sampe gara-gara terus-terusan mikir pacar, kamu jadi lupa sama yang lain. Lebih repot lagi sampe lupa mandi, lupa ganti baju, lupa gosok gigi, hiii jijay bajayâ?¦

5. Banyak Hutang

Hayoâ?¦siapa nih yang shopaholic??? Barang-barang di mall emang nggak ada yang jelek, apalagi kalau pas  ada diskon gede-gedean, semakin bikin kamu nggak tahan buat ngegesek debit card, kredit card, dan card-card lain yang bisa keluar uangnya buat nurutin nafsu belanja yang lagi menggila. Tapiâ?¦ beberapa bulan kemudian kamu harus jadi kayak buronan gara-gara dikejar debt collector suruh segera nglunasin tagihan kartu kredit. Otomatis kamu jadi senewen, stress berat dan depresi. Hal ini bisa membuat kamu jadi gampang lupa, karena pikiran kamu nggak pernah bisa tenang, yang ada cuma rasa takut, jadi yang mendominasi pikiran kamu itu cuma debt collector yang ngejar-ngejar kamu kayak ngejar-ngejar maling jemuran. Dan akhirnyaâ?¦. Pikun dini dehâ?¦. Apa-apa dikit lupa.   🙂 (iky)